alexametrics

Teken Kesepakatan Ekslusif dengan Konami, Juventus Kini Tampil di PES

EA Sports Harus Mengalah
17 Juli 2019, 18:23:25 WIB

JawaPos.com – Pengembang video game, Konami, menjalin kerja sama ekslusif dengan Juventus. Dengan begitu, kini Konami berhak menggunakan seluruh atribut Juventus dalam andalannya, Pro Evolution Soccer (PES).

Kesepakatan antara Konami dan Juventus tentu ‘memaksa’ sang kompetitor, EA Sports, untuk mengalah. Artinya, EA Sports harus mengubah nama klub, lambang, hingga stadion Juventus pada game FIFA 20.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari BBC, Rabu (17/7), FIFA 20 tidak akan menampilkan Juventus. Ini setelah Konami menandatangani perjanjian eksklusif dengan klub tersebut. Sebagai gantinya, EA Sports akan menggunakan nama Piemonte Calcio untuk juara Serie A tersebut. Begitu pun untuk lencana dan kit, Piemonte Calcio pada FIFA 20 bakal memiliki desain sendiri.

Persaingan antara PES dan FIFA sejatinya sudah berlangsung selama bertahun-tahun. Yakni, sejak FIFA 95 dan Sepakbola Superstar Internasional (nama sebelum PES) dirilis pada November 1994.

Merebut Juventus dari EA Sports tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi Konami. Dengan kesepakatan eksklusif itu, Konami tentu bisa membuat pemain Juventus dalam game lebih detail karena bisa melakukan pemindaian 3D.

Konami bahkan dikabarkan sedang mengupayakan menjalin kerja sama dengan Barcelona meskipun tidak eksklusif. Beberapa klub yang mampu didapatkan lisensinya oleh Konami adalah Manchester United, Arsenal, River Plate, Palmeiras, Boca Juniors, Bayern Munich, Flamengo, Sao Paulo, Korintus, Vasco Da Gama, dan Colo Colo. Namun, kesepatakan Konami dengan klub-klub tersebut tidak eksklusif seperti Juventus.

Sementara itu, meski rugi kehilangan juventus, namun EA Sports mampu mengamankan kerja sama jangka panjang dengan juara Liga Champions musim lalu, Liverpool. Kerja sama itu membuat EA Sports berhak menampilkan segala hal yang berkaitan dengan The Reds dalam game kembangannya, FIFA 20.

Editor : Fadhil Al Birra

Close Ads