alexametrics

Daya Pikat Koleksi Barang-Barang Lawas

16 November 2019, 15:21:10 WIB

JawaPos.com – Atrium Kapas Krampung Plaza (Kaza) Mall Surabaya dipenuhi barang-barang antik. Ada motor dan sepeda onthel lawas sampai televisi serta radio antik. Ada pula kaset-kaset yang ditata rapi memenuhi salah satu booth yang laris diserbu pengunjung sebagai latar berfoto kemarin (15/11).

Di lokasi tersebut ada pameran barang-barang antik dari Suroboyo Vintage Community yang diadakan pada Kamis–Minggu (14–17/11). Pergelaran ekshibisi tersebut merupakan rangkaian agenda rutin Kaza Mall Surabaya yang bertajuk Festival W.R. Soepratman 2019.

Menurut Santika Saraswati, salah seorang panitia acara, pameran itu diadakan untuk memperingati Hari Pahlawan. ’’Berbicara tentang pahlawan pasti tidak jauh dari sejarah, termasuk barang-barang yang digunakan pada masa lampau,’’ katanya. Nuansa historis pun berusaha ditampilkan dalam pameran yang menampilkan barang antik sejak 1800-an.

Santika melanjutkan, pada pameran tersebut terdapat delapan stan sesuai kategori. Selain stan kendaraan lawas, perkakas dari porselen, dan uang kuno, masih ada lima stan lainnya. Yakni, stan perkakas dari kuningan, perkakas dari kayu, prangko, komik, serta koper dan peti besi.

Stan perkakas dari porselen tidak kalah memikat. Di sana terdapat piring, guci, dan patung yang dipajang rapi. Pengunjung juga mengamati uang-uang kuno yang di-display. Terbukti, barang-barang lawas punya daya pikat yang tinggi.

Pengunjungnya bukan hanya orang dewasa. Banyak pula pelajar dan anak-anak yang mendatangi pameran itu. Sebab, event tersebut memiliki beberapa rangkaian kegiatan yang ditujukan untuk anak-anak. Antara lain, mewarnai dan kids performance. Anak-anak juga diajak berziarah ke makam W.R. Soepratman

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : ika/c15/nor



Close Ads