alexametrics

Merawat Homalomena Variegata, Jangan Terlalu Sering Pindah Posisi

15 November 2021, 10:46:43 WIB

Memiliki tanaman dengan corak yang warnanya berbeda dengan warna asli daun tentu menyenangkan. Estetis. Tapi, harus hati-hati. Terlalu menor justru bisa berbahaya untuk tanaman itu sendiri.

HOMALOMENA menjadi salah satu genus tanaman hias yang cukup digemari. Apalagi varietas variegata. Tanaman itu memiliki kelainan yang membuat daunnya punya beberapa corak warna dalam satu pohon. Misalnya, gradasi kuning-hijau atau putih-hijau.

Namun, tidak semua warna homalomena jenis variegata bisa muncul sempurna. Founder Rachel Vania Garden Eli Priyanti mengatakan, tanaman tropis-subtropis itu butuh paparan sinar matahari untuk memunculkan gradasi warna yang cantik. Tapi, jangan berlebih. Terlalu banyak paparan sinar matahari justru bisa membuat daun homalomena gosong. ’’Butuh banget sinar matahari pagi, maksimal sampai jam 10,’’ ujarnya saat ditemui di rumahnya, Jakarta Timur, Selasa (2/11).

Karena itu, kita harus tahu ketepatan dalam penempatan tanaman dari family Araceae tersebut. Sirkulasi udaranya pun harus bagus agar tidak lembap. Dalam kondisi lembap, corak variegata tidak akan keluar. Hanya semburat samar.

(FOTO: SALMAN TOYIBI/JAWA POS)

Editor : Ilham Safutra

Reporter : mia/c18/ai




Close Ads