alexametrics

Perang Konsol Game 2020 Bakal Seru, PlayStation 5 Vs Xbox Scarlett

15 Oktober 2019, 14:26:55 WIB

JawaPos.com – Sony telah mengonfirmasi bahwa the next generation console PlayStation 5 (PS 5) akan debut pada musim liburan 2020 mendatang. Tak sendirian, kompetitirnya, Microsoft pada tahun yang sama juga berencana mengungkapkan konsol Xbox terbaru yang disebut sebagai Project Scarlett.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari South China Morning Post (SCMP), Selasa (15/10), rencana kedua raksasa tersebut menjadikan ‘perang konsol game’ akan berlangsung seru pada 2020 mendatang. Pasalnya, Sony PlayStation 5 dan Xbox Scarlett dari Microsoft sama-sama akan tiba pada momen liburan 2020.

Dalam sebuah posting di situs PlayStation, Sony mengungkapkan bahwa PS5 akan memiliki pengontrol baru yang menggantikan fitur getaran joy pad saat ini dengan feedback haptic yang lebih sensitif dan kontekstual. “Dengan haptics, kamu benar-benar merasakan jangkauan umpan balik yang lebih luas,” kata Sony.

“Menabrak tembok pada mobil balap terasa jauh berbeda dengan melakukan tekel di lapangan sepak bola. Kamu bahkan dapat merasakan berbagai tekstur ketika berlari melalui bidang rumput atau berlari melalui lumpur,” lanjut pihak Sony sebagaimana juga sudah kami beritakan sebelumnya.

Konsol juga akan memiliki trigger adaptif yang dimasukkan ke dalam tombol L2 dan R2 atas. Pengembang akan dapat memprogram resistensi trigger, sehingga pemain akan merasakan sensasi sentuhan menggenggam busur dan anak panah atau mempercepat kendaraan off-road melalui medan berbatu.

Prediksi grafis perbandingan spesifikasi Xbox terbaru Vs PlayStation 5. (IGN)

Di lain sisi, Microsoft juga sedang bereksperimen dengan teknologi serupa untuk pengontrol Scarlett-nya. Ini bukan satu-satunya kesamaan yang tampak antara konsol yang bersaing.

Pada April, Sony mengungkapkan bahwa PS 5 akan menampilkan CPU delapan-inti berdasarkan generasi ketiga dari prosesor Ryzen AMD, serta prosesor grafis khusus berbasis pada keluarga AMD Navi (teknologi yang mampu menghasilkan efek penelusuran sinar real-time), dan solid state drive (SSD).

Dari sisi mesin, PS 5 akan mendukung tampilan resolusi 8K dan kecepatan refresh layar 120 Hz. Sementara itu, Xbox Scarlett juga akan menggunakan prosesor AMD Ryzen terbaru dan chipset grafis Navi. Hal itu akan mendukung resolusi layar hingga 8K dan kecepatan refresh 120Hz, dan itu akan menggunakan SSD juga daripada drive hard disk tradisional.

Selain itu, Scarlett diatur untuk menawarkan kompatibilitas ke belakang untuk semua game Xbox One serta judul Xbox dan Xbox 360 yang tersedia melalui fitur kompatibilitas mundur Xbox One. Sedikit yang diketahui tentang mesin. Sony telah berbicara tentang kemampuan audio 3D PS 5, menggunakan chip suara AMD khusus untuk menciptakan efek luar biasa.

Dalam sebuah wawancara dengan Wired, arsitek sistem Mark Cerny mengklaim user interface (UI) atau antarmuka pengguna PlayStation mendapatkan perombakan total. Perombakan tersebut disebut akan menampilkan informasi permainan seperti kegiatan multipemain dan tujuan misi yang akan datang saat pemain menelusuri menu.

Sementara dikutip dari IGN, Xbox Project Scarlett akan menampilkan RAM GDDR6, CPU AMD Zen 2 (8 core) khusus, dan GPU-nya adalah AMD Radeon RNDA Navi khusus yang mendukung ray tracing. Spesifikasi PS 5 juga memiliki CPU 8 core, 16 thread x86-64-AMD Ryzen ‘Zen2’, serta GPU yang terdiri dari AMD Radeon RNDA Navi yang mendukung ray tracing dan audio 3D.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads