Siasati Cahaya untuk Suguhkan Pesona Gua

15 Januari 2023, 18:25:20 WIB

EKSPLORASI Diana dan Bona di gua-gua eksotis Indonesia tidak akan ada artinya tanpa dokumentasi. Maka, tiap kali bertualang, para cave diver juga mengajak fotografer yang spesifikasinya adalah underwater. Mengabadikan keindahan gua dalam air membutuhkan keterampilan tinggi.

”Namun, yang terpenting itu keselamatan,” tegas John Rahasia, fotografer underwater caves, kepada Jawa Pos.

Tantangan untuk menyajikan keindahan dan petualangan, menurut dia, membutuhkan kecermatan lighting. Sebab, cahaya di dalam gua tidak banyak. Jangankan yang di dalam air, di atas permukaan tanah pun, gua cenderung gelap.

Gua, lanjut John, merupakan overhead environment. Artinya, para fotografer underwater cave harus familier dengan lingkungannya. ”Tujuannya lebih pada antisipasi. If something happens, kita tahu jalan untuk keluar,” tuturnya.

Karena itulah, survei menjadi tahap penting dari dokumentasi underwater caves. Sebagai fotografer yang berfokus pada eksplorasi gua lewat jalur penyelaman, John juga harus punya skill menyelam yang bagus. Sebab, mereka perlu berkali-kali melakukan survei. Selain menandai jalur evakuasi, mereka juga harus menandai beberapa spot foto terbaik. ”Ini sedikit lebih ekstra dari cave diver-nya,” ungkapnya.

PENUH PERHITUNGAN: Tim penyelam gua berkumpul di mulut Gua La Pahia untuk mengoordinasikan eksplorasi. (CHONG WAN TONG UNTUK JAWA POS)

Paparan John itu dibenarkan Diana. Menurut dia, jasa fotografer underwater caves seperti John sangatlah besar. ”Ya, kami berterima kasih ke Bang John Rahasia. Tanpa fotografer underwater caves, kami tidak punya apa pun untuk diperlihatkan dan dikampanyekan,” jelasnya.

Menurut Diana, akan terlalu sulit bagi penyelam bisa mengabadikan keindahan gua bawah tanah. Sebab, ada beberapa gua yang benar-benar gelap gulita. Tanpa fotografer, pesona alam itu tidak akan bisa dipamerkan. ’’Berkat fotografer, semua jadi bisa melihat keindahan karya Tuhan,” tegas Diana.

Fotografer underwater caves juga berkontribusi besar dalam pemetaan gua-gua di Indonesia yang kini sedang Diana kerjakan. Selain itu, foto-foto yang menampilkan eksotika gua di Indonesia, khususnya di Sulawesi Tenggara, juga bisa menjadi modal bagi pemerintah dalam mempromosikan wisata cave diving.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : idr/c6/hep

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads