Mau jadi Konten Kreator Kuliner, Simak 4 Tips Berikut

14 September 2022, 16:02:41 WIB

JawaPos.com – Konten kreator menjadi salah satu profesi yang banyak diminati orang di era digital. Dengan bermodalkan konten-konten menarik yang diunggah ke media sosial maupun platform streaming, siapapun bisa menjadi konten kreator tanpa dibatasi oleh usia.

Membuat konten yang menarik dan harus up to date adalah tantangan nomor satu para konten kreator agar followers mereka kian bertambah seiring dengan engagement yang terus meningkat. Konten kreator di bidang kuliner menjadi salah satu yang profesi yang paling banyak digemari.

Selain memanjakan mata followers mereka dengan hidangan yang menggugah selera, keberadaan konten kreator kuliner juga dianggap penting dalam menginformasikan berbagai lokasi kuliner.

Lalu, apa langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memulai karir sebagai konten kreator kuliner? Erwin Putra, salah satu food blogger dan konten kreator kuliner yang lebih dikenal dengan nama akun @bikingendut membagikan beberapa tips berikut:

 

Melakoni hobi dengan serius

Hobi yang dijalani dengan serius mampu mendatangkan berbagai pundi-pundi uang. Bagi yang gemar makan dan mencicipi berbagai kudapan dari banyak tempat, mungkin tidak ada salahnya mulai mencoba membuat konten-konten tersebut. Hal ini juga harus diimbangi dengan foto maupun video yang bagus dan menarik. Lengkapi juga caption yang mendeskripsikan konten kuliner yang dibuat dengan baik.

 

Memanfaatkan media sosial

Media sosial saat ini tak hanya dimanfaatkan untuk kreasi dan membangun relasi. Berbagi informasi seputar kuliner juga hal yang kerap dilakukan banyak orang, bahkan bisa mendatangkan uang. Instagram, YouTube, dan TikTok adalah tiga media sosial utama yang saat ini dinilai efektif untuk memulai karir sebagai konten kreator.

 

Berani mencoba hal baru

Hal yang segar dan inovatif adalah sesuatu yang dicari banyak orang, tidak terkecuali soal makanan. Karenanya, membagikan informasi seputar makanan yang berada di luar zona nyaman Anda juga bisa menjadi salah satu strategi yang baik dalam menghasilkan konten yang baik. Tidak ada salahnya juga mencoba makanan-makanan internasional yang tidak umum atau bahkan makanan ekstrem seperti daging ular, buaya, kalajengking, serangga dan lainnya.

 

Konsisten

Selebgram, YouTuber, maupun influencer media sosial lainnya bisa tenar karena konsistensi mereka dalam membuat konten menarik. Sereceh apapun konten yang mereka buat, tetap ada kerja keras dan kinerja cerdas yang harus diapresiasi dan patut dicontoh. Konsistensi mereka jugalah yang membuat followers baru mereka terus bertambah sembari terus memelihara followers loyal yang sudah ada. Jika Anda punya kocek lebih untuk membeli segala perlengkapan yang menunjang dalam membuat konten, manfaatkan hal tersebut. Berikan visual yang menawan dan kreatif.

Editor : Banu Adikara

Saksikan video menarik berikut ini: