alexametrics

Misi Rescue Burung Sekarat, D.T. Wibowo Bangun Aviary Jumbo

14 Februari 2021, 18:18:51 WIB

D.T. Wibowo menegaskan, aviary jumbo yang dia bangun di kawasan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat, murni untuk tujuan literasi. Dampak Covid-19.

DI AWAL-AWAL pandemi Covid-19 melanda dunia dan Indonesia awal tahun lalu, Wibowo bersama rekannya menjumpai fenomena yang memilukan. Yaitu, burung-burung yang kondisinya sekarat di dalam kandang. Pemicunya adalah adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta dan sekitarnya.

Pria yang akrab disapa Bowo itu kerap menjumpai burung yang sekarat atau terlantar di sejumlah pasar burung. Misalnya, Pasar Burung Pramuka Jakarta. ’’Di kios burung juga banyak yang terlihat terlantar. Burungnya mau mati,’’ jelasnya.

Kondisi burung-burung tersebut mengenaskan karena aktivitas manusia dibatasi. Dengan begitu, ada keterbatasan untuk penyediaan pakan dan lainnya. Berangkat dari kondisi itu, dia tergerak untuk membuat gerakan rescue atau penyelamatan burung-burung tersebut.

Pria kelahiran Blitar, 9 April 1981, itu menuturkan, ada kalanya dia mendapatkan burung sekarat secara cuma-cuma. Ada juga yang dia beli karena merasa kasihan dengan si pemilik atau penjual burung. Pada tahap-tahap awal, dia berkonsentrasi menyelamatkan burung-burung endemis Pulau Jawa.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : wan/c13/git




Close Ads