alexametrics

Memelihara Ikan Molly, Murah tapi Menyenangkan

14 Februari 2021, 18:48:28 WIB

Di tengah ramainya penghobi ikan hias, ada pasar ikan-ikan mungil yang tak pernah mati. Molly salah satunya. Ikan air tawar asal Meksiko satu ini punya tampilan menggemaskan dengan perut buncitnya yang khas.

GERAKANNYA yang lemah gemulai mirip goyang Kizomba dari Meksiko. Perawatan yang mudah dan harganya yang ramah di kantong membuat si mungil ini banyak digemari.

Ada banyak jenis molly. Mereka dibedakan berdasar warnanya. Kini, setidaknya ada 12 jenis yang sudah berhasil dikembangkan. Mulai yang populer black molly, golden, black sailfin, dalmation, balon, silver sailfin, marble, lyretail, wild green sailfin, liberty, yucatan, hingga poecilia latipinna.

Namun, jenis-jenis molly akan terus bertambah seiring kawin silang yang dilakukan para breeder. Jenis yang paling diminati saat ini adalah golden dan marble. Tentu, karena warnanya yang indah di pandang mata. ”Dua jenis ini yang paling disukai,’’ ujar pembudi daya molly Pramuti Dhayu Rizkita.

Jenis molly juga bisa dibedakan dari ukuran tubuhnya. Misalnya short body, tubuh panjang atau biasa disebut sailfin, dan ekor bercabang. Semua itu hasil persilangan dengan berbagai jenis molly. ’’Bahkan, ada yang disilang dengan ikan platy, ikan jenis lain,” ujarnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : idr/c17/cak




Close Ads