alexametrics

Sony PS5 Dapat Memainkan Game Konsol Sebelumnya, Ini Rahasianya

13 Juli 2020, 17:19:53 WIB

JawaPos.com – Ketika bicara soal kompatibilitas mundur pada konsol untuk bisa memainkan game lawas di perangkat terbaru, bisa dikatakan bahwa Microsoft dengan Xbox-nya telah melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan Sony. Sebagai contoh, PlayStation 4 (PS4) saat itu mendukung kompatibilitas mundur dengan game PS3 dengan cukup banyak game, sedangkan Xbox One yang setara dengan PS4 saat itu, justru mendukung game Xbox dan Xbox 360 asli yang beberapa langkah lebih tua darinya.

Namun, kabar terbaru menyebutkan bahwa Sony bisa saja mengubah hal tersebut. Dalam sebuah tweet oleh @Renak_schedule, mereka telah menemukan apa yang tampaknya menjadi paten oleh Sony, di mana perusahaan mencari ide tentang bagaimana membuat konsolnya lebih kompatibel dengan konsol yang lebih tua misalnya seperti PS4, PS3, PS2, dan PlayStation asli melalui penggunaan cloud gaming.

Pada dasarnya apa yang dilakukan adalah bahwa ia akan membuat mesin virtual di PS5 (seperti bagaimana pengguna Mac dapat menjalankan Windows menggunakan Boot Camp), di mana mereka kemudian dapat melakukan streaming dan memainkan game yang dirancang untuk konsol yang lebih tua di PS5.

Sampai batas tertentu, Sony sudah melakukan ini dengan PS4 di mana melalui layanan streaming PS Now, mereka dapat memainkan game PS3. Namun, masalahnya di sini adalah bahwa gamer perlu membayar untuk game yang mungkin sudah mereka miliki, yang dapat mengganggu dan merupakan biaya tambahan yang mungkin tidak bersedia dibayar oleh sebagian orang.

Paten ini kedengarannya seperti perpanjangan dari itu, tetapi dengan asumsi Sony dapat menemukan cara untuk memverifikasi pembelian game. Itu juga akan membuat PS5 pembelian yang jauh lebih menarik, di mana langsung di luar kotak, pemain juga akan dapat mengakses banyak judul game yang lebih tua sambil menunggu rilis yang lebih baru.

Namun, mengingat ini adalah paten, tidak ada yang tahu apakah itu akan menjadi kenyataan di saat Sony meluncurkan PS5 akhir tahun ini atau tidak. Kita nantikan saja.

Editor : Kuswandi

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads