alexametrics

PS5 Tawarkan Ngegame Seolah tanpa Loading

13 Juni 2020, 14:36:49 WIB

JawaPos.com – Raksasa teknologi Sony membuat gamer di seluruh dunia heboh. Perusahaan asal Jepang itu memperkenalkan lini terbaru konsol game mereka, PlayStation 5, dalam event online yang digelar Kamis malam (11/6).

Produk itu diluncurkan ke pasaran antara November atau Desember mendatang.

Lewat video berdurasi satu jam yang disiarkan ke publik, Sony menunjukkan puluhan game yang bakal dirilis untuk peranti tersebut. Beberapa di antaranya merupakan konten game yang dimiliki eksklusif oleh Sony seperti Horizon Zero Dawn dan Spider-Man: Miles Morales. Game terkenal sekaligus kontroversial, GTA V, juga bakal bisa dimainkan.

’’Dengan PlayStation 5, kami melakukan lompatan besar untuk mengantarkan pengalaman bermain yang baru,’’ ujar Kepala Sony Interactive Entertainment Jim Ryan yang dikutip dari Agence France-Presse.

Berdasar tampilannya, konsol itu berbeda dengan PlayStation 4 yang diluncurkan November tujuh tahun lalu. Warna dasarnya hitam, lalu dibalut warna putih dengan bentuk yang melengkung serta tampak cahaya biru. Sekilas tampak seperti kerang yang sedikit terbuka.

Reaksi terhadap desain itu bermacam-macam. Ada beberapa yang mengatakannya mirip dengan router wifi. ’’Respons orang-orang di Twitter masih terpecah. Ada yang suka sekali, ada yang membencinya. Tapi, yang jelas Sony berhasil menghadirkan antusiasme,’’ ujar kritikus game Laura Kate Dale kepada BBC.

Fitur yang ditawarkan generasi terbaru PlayStation itu tak menghadirkan hal yang baru. Sony lebih fokus meningkatkan sensasi bermain pengguna dengan suara tiga dimensi dan haptic feedback (sensasi getaran) di alat pengontrol game yang lebih detail.

Tim pembuat PS5 meningkatkan spesifikasi mesin untuk menciptakan pengalaman game hampir tanpa loading. Hal itu akan berpengaruh pada tampilan visual yang bakal semakin memuaskan.

Sony membuat PS5 dalam dua versi. Yakni, versi yang dilengkapi dengan slot DVD dan versi tanpa slot untuk pengguna yang lebih senang mengunduh game mereka.

Meski sudah diperkenalkan, Sony belum menyebut tanggal pasti peluncuran dan berapa harga produk tersebut. Namun, mereka memastikan bahwa produk itu tersedia sebelum 2020 berakhir.

Direktur Pengembangan Game Developer di Inggris Codemasters Robert Karp menuturkan, ada dua hal yang membuatnya bersemangat menanti PS5. ”Yang pertama adalah controller barunya yang menawarkan feedback mendalam dan lebih bermakna untuk pemain,” katanya. ”Lalu loading-nya supercepat. Menunggu aksi di PS5 itu adalah cerita masa lalu,” imbuhnya.

Berbagai rumor tentang harga alat tersebut sudah beredar. Di Amazon Inggris muncul bocoran bahwa harganya sekitar GBP 599 (Rp 10,6 juta). Sebelumnya diperkirakan memang tak jauh-jauh dari angka itu. Namun, Sony belum mengonfirmasi tentang harga tersebut.

Rilisan PlayStation 5 itu akan beradu langsung dengan kompetitornya, Xbox Series X dari Microsoft, yang juga dijadwalkan rilis tahun ini. Menurut kabar yang beredar, Xbox generasi terbaru bakal punya spesifikasi tinggi. Namun, nilai plus itu belum bisa mengalahkan PlayStation selama ini. Penjualan PS4 mencapai dua kali lipat dibanding Xbox One. ’’Saat ini, Sony masih menguasai industri game,’’ tulis lembaga analisis industri Futuresource.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : bil/c7/ayi



Close Ads