alexametrics

Kabar Gembira, Banyak Game PS4 Tetap Bisa Dimainkan di PS5

13 Mei 2020, 23:35:54 WIB

JawaPos.com – Konsol game berikutnya dari Sony, PlayStation 5 (PS5), akan secara resmi dirilis jelang akhir tahun. Terlepas dari spesifikasi yang dirilis perusahaan beberapa minggu lalu, masih banyak misteri yang belum terungkap tentang Sony PS5.

Wujud dan harga belum diungkap. Namun, berdasar sumber tidak resmi tersiar beberapa informasi. Menurut PSErebus, gamer yang telah membeli game PS4 akan langsung memiliki versi PS5 tanpa pembelian kedua. Fitur ini akan tersedia untuk beberapa game.

Melalui cuitannya di Twitter, dirinya mengatakan banyak game-game PS4 akan bisa dimainkan di PS5. “Anda akan dapat meningkatkan ke versi PlayStation 5 dari game PlayStation 4 tertentu yang dirilis akhir tahun ini secara gratis. Ini akan memungkinkan Anda untuk membeli game satu kali dan memainkannya di kedua platform,” ungkapnya.

Gamer yang membeli versi fisik atau digital PS4 dari permainan tersebut akan menerima kode aktivasi PS5 digital pada akhir tahun ini. Bahkan jika Anda belum membeli konsol PS5, dapat mengaktifkan versi game PS5 secara online.

Dengan demikian, ketika konsol PS5 datang dapat langsung mengunduh dan memainkan versi generasi berikutnya yang sesuai. Namun perlu diingat, sampai semuanya resmi dan diumumkan Sony, semua hal terkait PS5 boleh dikatakan sebagai rumor.

Tak hanya Sony, kompetitor mereka yakni Microsoft dengan Xbox terbaru Series X juga sebelumnya dikatakan hadir dengan fitur serupa. Fitur Pengiriman Cerdas Xbox di Microsoft Xbox Series X memungkinkan gamer yang telah membeli game di Xbox One untuk membuka kunci versi generasi berikutnya secara langsung, tanpa biaya tambahan.

Sementara untuk spesifikasi, Sony PlayStation 5 dilaporkan di sektor performa akan ditopang prosesor AMD 8 core 3.5 GHz Zen 2 CPU, GPU RDNA 2 khusus yang berisi 36 set unit CU, kemampuan komputasi floating-point 10,28 TFLOP, memori GDDR6 16 GB, SSD 825 GB kustom, dan 4K UHD Blu-ray drive.

Di sisi performa, SSD adalah kunci peningkatan kinerja PS5. Waktu pencarian PS4 membutuhkan 2-50 detik, sementara PS5 diklaim hampir instan. Dalam hal kecepatan pemuatan atau loading time, PS5 dapat memuat 2 GB memori dalam 0,27 detik, sementara PS4 membutuhkan waktu 20 detik untuk memuat 1 GB.

Sony percaya bahwa SSD baru akan secara signifikan mempercepat kecepatan pemuatan game PS5. Menurut perusahaan, game dapat diluncurkan dalam sedetik tanpa waktu pembukaan sama sekali.

Game-game berikut akan bisa dimainkan di konsol PS4 dan PS5:
– FIFA 21
– Cyberpunk 2077
– Assassin’s Creed Valhalla
– LEGO Star Wars: The Skywalker Saga
– Marvel Avengers Alliance

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads