alexametrics

Imbas Wabah Virus Korona, Pameran Game Tahunan E3 Batal Digelar

13 Maret 2020, 22:05:14 WIB

JawaPos.com – Para penggemar game di seluruh dunia dipastikan kecewa berat. Pasalnya, pameran game berskala internasional, Electronic Entertainment Expo (E3) yang rutin digelar setiap tahun di Los Angeles, Amerika Serikat (AS) dipastikan batal digelar. Itu karena ketakutan akan penularan virus korona jenis baru atau COVID-19.

E3 rutin digelar dan biasa menjadi ajang para pelaku industri game mengungkapkan hal-hal baru seputar game yang pastinya menarik untuk ditunggu. Raksasa konsol game seperti Sony, Microsoft, dan Nintendo juga rutin menyampaikan hal penting di acara tersebut.

Dalam sebuah pesan yang dikirim oleh penyelenggara pada Rabu (11/3) waktu setempat, mereka menyampaikan kalau gelaran E3 kali ini dipastikan batal. Sebelumnya juga sudah beredar kabar dan prediksi kalau acara tersebut tak akan sesuai rencana mengingat wabah COVID-19 sebelumnya juga menumbangkan banyak gelaran rutin besar lainnya semisal MWC, Geneva International Motor Show, dan banyak lagi.

“Setelah berkonsultasi dengan berbagai pihak tentang kesehatan dan keselamatan semua orang yang akan hadir dan berpartisipasi, dengan berat hati kami putuskan untuk membatalkan acara E3 2020,” tulis penyelenggara E3, ESA, sebagaimana dikutip JawaPos.com dari ArsTechnica, Jumat (13/3).

Lebih jauh terkait dengan pembatalan acara yang semula dijadwalkan bakal digelar pada 9 hingga 11 Juni mendatang, panitia mengatakan sedang menjajaki opsi lain dengan anggota dan partisipan E3. Kemungkinan, banyak pengumuman dan berita industri game setelah dibatalkannya acara tersebut akan diungkap hanya secara online pada Juni mendatang.

“Menyusul kekhawatiran yang meningkat dan luar biasa tentang COVID-19, kami merasa ini adalah cara terbaik untuk melanjutkan selama situasi global yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kami sangat kecewa bahwa kami tidak dapat mengadakan acara ini untuk penggemar dan pendukung kami. Tetapi kami tahu itu keputusan yang tepat berdasarkan informasi yang kami miliki hari ini,” lanjut pihak penyelenggara.

Tak lama setelah pernyataan ESA, salah satu petinggi Microsoft untuk konsol gaming Xbox Phil Spencer menawarkan jaminan di Twitter bahwa penggemar akan tetap disajikan update terbaru mengenai konsol game Xbox. Microsoft akan menggelar acara online terpisah untuk update informasi Xbox.

Sebagai tambahan juga, pada acara E3 tahun ini, sejumlah pelaku industri game terbesar seperti Sony dan Microsoft diyakini akan meluncurkan konsol teranyar mereka masing-masing, yaitu PlayStation 5 dan Xbox Series X.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads