alexametrics

Keseruan Berdandan Ala Tokoh Favorit di Indonesia Comic Con 2019

12 Oktober 2019, 15:18:57 WIB

JawaPos.com – Festival budaya pop tahunan Indonesia Comic Con 2019 kembali digelar di area Hall A dan Hall B, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, mulai Sabtu (12/10) hingga Minggu (13/10). Seperti biasa, gelaran ini menyajikan beragam program menarik untuk para pencinta budaya populer di tanah air.

Dalam acara ini, Anda bisa menjumpai beragam sajian seputar hobi dan kesenangan terkait mainan, komik, serial TV favorit, anime hingga ajang pamer bagi para costum player (cosplay) yang meniru beragam karakter dan animasi favorit mereka. Untuk cosplay, ajang ini juga ibarat ‘Lebaran’ bagi para cosplayer untuk unjuk gigi memamerkan kreasi kostum mereka meniru karakter yang mereka gemari.

Pantauan JawaPos.com di area Indonesia Comic Con 2019, para cosplayer tampak berdandan di selasar depan Hall B JCC. Mereka bersolek sedemikian rupa, mempersiapkan kostum mereka untuk kemudian tampil menirukan karakter favorit mereka mulai dari karakter film, serial TV hingga animasi dari berbagai genre dan aliran.

David, salah satu cosplayer di Indonesia Comic Con 2019 yang meniru karakter Nurarihyon (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Para cosplayer tak sembarangan tampil di sini, mereka bergaya dengan tujuan. Sebagai informasi, di Indonesia Comic Con 2019 juga menyediakan area Cosplay Zone yang menjadi panggung para cosplayer untuk unjuk gigi.

Para cosplayer datang dari berbagai daerah, ada yang perorangan, tak sedikit juga yang hadir sebagai anggota komunitas. Bagi komunitas cosplay dan para cosplayer, ada 12 cosplayer yang siap berbagi informasi dan menunjukkan karya mereka di cosplay zone. Mereka di antaranya Larissa Rochefort, Sherly Yukimo, Mayumi Reena, Cxiela, Hika x Sayuri, dan masih banyak lagi.

Ajang Ekspresi Pelepas Stres
Soal cosplay, David, asal Pamulang, Tangerang Selatan ditemui JawaPos.com di arena Indonesia Comic Con 2019 mengatakan, menjadi seorang cosplayer bisa menjadi sarana pelepas stres. Menirukan karakter favorit dikatakannya membawa kesenangan tersendiri.

“Suka saja, bisa buat hiburan. Lumayan buat menghilangkan stres karena pekerjaan,” ujarnya saat ditemui JawaPos.com.

Dirinya menirukan karakter Nurarihyon. Sejak pukul 09.00 WIB, dirinya datang untuk bersolek dan bersiap diri menirukan karakter favoritnya. Dia juga menyebut sudah mulai menggeluti dunia cosplay sejak 2015 lalu dengan beberapa koleksi yang dimiliki.

Vienchenzia, salah satu cosplayer yang meniru karakter Tanjiro Kamado dari anime Kimetsu No Yaiba (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Meniru karakter Nurarihyon, kocek sebesar Rp 600 ribu dirogohnya untuk membeli kostum tersebut. Urusan harga, dirinya menyebut cosplay relatif, tidak mahal, tidak murah juga, tergantung bahan dan tingkat kesulitan kostum yang ditiru.

Cosplayer sering dianggap aneh dan dipandang sebelah mata sebagai hobi yang tidak jelas. David menyebut dirinya tak terlalu memusingkan anggapan orang akan hal tersebut. “Ya cuek saja, yang penting kita senang,” tandasnya.

Sementara, cosplayer lain, Vienchenzia atau karib disapa Ance, meniru karakter anime Kimetsu No Yaiba. Di anime tersebut, Ance meniru karakter Tanjiro Kamado. Sama seperti David, Ance mengatakan hobi cosplay tak menjadi masalah jika harus membuatnya dipandang aneh. “Ya yang namanya suka bagaimana. Yang penting kita fun,” jelasnya.

Untuk membuatnya mirip dengan karakter favoritnya, kostum dibelinya seharga Rp 1 juta. Dia juga datang sejak pagi untuk bersolek dan mempersiapkan diri agar bisa tampil di Indonesia Comic Con 2019.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads