alexametrics

Tonggak Maya Siboen Chanel Sukses Berdayakan Kasegeran

12 September 2021, 15:19:17 WIB

Warga Desa Sendiri Justru Paling Akhir Mengakui

Kreatif dan tekun adalah kunci keberhasilan. Siswanto alias Siboen membuktikannya. Berkat dia pula, Desa Kasegeran di Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, masuk dalam peta penting jagat YouTube tanah air.

COBA ketik Desa Kasegeran pada kolom pencarian mesin penelusuran di internet. Di sebelah kanan, tepatnya di bawah denah Kasegeran yang disajikan Wikipedia, akan tertulis dua kalimat. Yang pertama menjelaskan posisi administratif Kasegeran. Kalimat kedua berbunyi, ”Desa ini mulai dikenal luas oleh masyarakat berkat YouTuber bernama Siboen”.

Suka atau tidak suka, Kasegeran baru ”ada” setelah Siswanto alias Siboen sukses dengan kanal Siboen Chanel pada 2017. Sebelumnya, tidak banyak yang tahu bahwa ada desa yang bernama Kasegeran di pelosok Banyumas.

Desa yang berjarak sekitar 17 kilometer dari Purwokerto, ibu kota Banyumas, itu memang tidak istimewa. Secara fisik, penampakannya sama dengan desa-desa lain di sekitarnya. Selain jalan besar dan jalan kampung, Kasegeran hanyalah permukiman warga dan persawahan. Mata pencaharian mayoritas penduduknya adalah petani.

”Anak saya di Jakarta. Tidak menjadi petani,” ucap Nartim kepada Jawa Pos saat dijumpai di sawahnya pada Kamis (9/9). Pria 66 tahun itu menyatakan bahwa sebagian besar petani di Kasegeran sudah tua. Sebab, para pemudanya enggan bertani.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : idr/c14/hep

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads