alexametrics

Sony Resmi Ungkap Wujud PlayStation 5, Tampil Modern dan Tak Biasa

12 Juni 2020, 13:34:35 WIB

JawaPos.com – Setelah berbulan-bulan menjadi misteri, Sony akhirnya mengungkap wujud konsol game terbarunya yakni PlayStation 5 (PS5). Konsol game tersebut diungkap Sony dalam sebuah acara online yang di Indonesia dapat disaksikan pada Jumat (12/6) dini hari tadi.

Tak seperti rumor dan bocoran sebelumnya, PS5 dari Sony yang akan segera resmi menggantikan konsol PS4, hadir dengan desain yang sama sekali berbeda dari bocoran sebelumnya. Sony PS5 tampil modern dengan balutan warna putih mendominasi area bodi. Hal yang kontras dengan konsol-konsol PS sebelumnya yang biasa tampil dalam warna gelap.

Selain itu, bicara faktor bentuk, Sony PS5 juga memungkinkan untuk digunakan atau ditempatkan dalam posisi vertikal. Sebelumnya, konsol game Sony PlayStation hanya bisa diletakkan dalam posisi horizontal. Ini merupakan faktor bentuk yang unik dan tak biasa.

Wujud resmi Sony PlayStation 5 terbaru. (PlayStation)

Dalam acara live streaming bertajuk “PS5-The Future of Gaming”, Sony juga mengungkapkan jajaran game-game yang akan hadir awal pada konsol PS5. Selain itu, Sony juga mengungkapkan detail mengenai teknologi dan fitur unik yang akan tampil pada aksesori kontroler game yakni DualSense yang disematkan touchpad di area tengah, membawa sensor haptic terkini, jack headphone, built-in microphone dan banyak pembaruan lainnya.

Selain game dan wujud Sony PS5 serta detail kemampuan kontroler game, Sony tak membeberkan lebih detail mengenai spesifikasi PS5. Misalnya varian penyimpanan. Pastinya, Sony PS5 akan ditenagai CPU AMD Zen 2 core delapan dan GPU AMD RDNA 2.

Sebelumnya, pada Maret 2020 lalu, Sony sempat mengumumkan bahwa mereka akan menyematkan cip AMD khusus dengan daya 10,28 teraflops menggunakan frekuensi variabel pada CPU dan GPU. Sony juga akan menggunakan solusi SSD eksklusif untuk meningkatkan waktu pemuatan game.

SSD akan menyediakan penyimpanan hingga 852 GB dan kinerja sampai 5,5 GB. Perusahaan juga mewajibkan semua game dapat dipasang ke SSD internal agar cepat terbaca langsung oleh sistem.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads