alexametrics

Sony PlayStation 5 Punya Dua Varian, Salah Satunya Edisi Digital

12 Juni 2020, 16:00:36 WIB

JawaPos.com – Pada Jumat (12/6) dini hari WIB, Sony telah secara resmi mengungkap wujud konsol game terbarunya yakni Sony PlayStation 5 (PS5). Dalam acara bertajuk “PS5-The Future of Gaming” itu, Sony akhirnya menyingkap tabir misteri terkait konsol PS5 yang telah menjadi rumor berbulan-bulan lamanya.

Dalam acara tersebut, selain mengungkapkan wujud PS5, fitur dan teknologi di aksesori kontrolernya serta game-game yang akan hadir, Sony juga mengungkapkan satu varian lain dari PS5. Ya, PS5 resmi memiliki dua varian seperti beberapa model konsol PS terdahulu.

Varian lain dari PS5 dimaksud adalah PS5 Digital Edition atau edisi digital. Varian tersebut melengkapi PS5 lainnya yang juga masih hadir mengakomodir penggunaan keping cakram digital untuk menyimpan dan memuat game-game yang ada.

Sony memang mengejutkan semua orang yang menyaksikan acara yang digelar secara virtual. Sony mengumumkan bukan hanya satu tapi dua konsol.

Akan ada PlayStation 5 standar ditambah PS5 Digital Edition tanpa drive disk Blu-ray 4K. Ini mirip dengan Xbox One S All-Digital Edition milik kompetitor dari Microsoft yang hanya bisa memuat game secara digital berbasis cloud.

Kendati demikian, keduanya pada dasarnya hampir sama. Hanya satu varian hadir tanpa slot drive fisik yang membedakan secara estetika, satunya lagi tidak.

Dengan tidak memiliki slot atau drive cakram digital di bagian depan, artinya, pengguna yang membeli PS5 Digital Edition tidak perlu membeli cakram Blu-ray fisik. Mereka hanya perlu membeli versi digital dari sebuah game dengan cara mengunduhnya dari PS Store.

Secara desain tampak tak ada perbedaan signifikan. Namun, jika dibandingkan dan diperhatikan secara saksama, dengan dihilangkannya drive cakram optik, PS5 Digital Edition tampil lebih ramping dibandingkan dengan PS5 edisi reguler yang tampak lebih gemuk. Hal tersebut karena PS5 reguler di dalamnya masih memuat slot atau drive optic Blu-ray.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads