alexametrics

Jadi Salah Satu Andalan Ekspor, Ribuan Ikan Cupang Siap Dikompetisikan

11 Januari 2022, 19:01:29 WIB

JawaPos.com – Ikan hias memang memiliki tempat tersendiri bagi penggemarnya. Ikan mungil yang biasanya memiliki tubuh berwarna-warni menggemaskan ini memang banyak tersedia di Indonesia. Tak heran jika ikan hias menjadi salah satu andalan ekspor Indonesia. Seperti ikan cupang atau yang dikenal dengan Betta Fish.

Untuk memperkenalkan ragam ikan hias di Indonesia, kompetisi Betta Fish terbesar pun digelar. Bertajuk CAF BETTA FESTIVAL, kompetisi ini akan mengonteskan ribuan ikan cupang dan memamerkan lebih dari 4.200 ekor ikan hias di Trans Studio Mall, Bandung, pada 13-16 Januari 2022.

Zaenal Somantri, Event Director of CAF Betta Festival, mengungkapkan, kompetisi ini memang terinspirasi dari manfaat ikan hias di Indonesia yang sangat berpengaruh pada perekonomian bangsa Indonesia. Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor ikan non-konsumsi atau ikan hias di dunia.

Bahkan, Indonesia berada pada peringkat ke-5 dunia sebagai negara pengekspor ikan hias terbesar. Pada 2018 lalu saja, Indonesia mengekspor 257.862.207 ekor ikan hias dengan nilai +/- USD 314 juta, dengan Jepang, Singapura, Amerika Serikat, Tiongkok, dan Inggris menjadi negara tujuan ekspor utama.

Nah, bicara soal ikan cupang, penghobi terhadap ikan mungil tersebut memang cukup pesat. Sehingga memicu persaingan pasar yang ketat dan keberanekaragaman jenis ikan cupang. Menyasar sektor yang beragam, kualitas adalah hal terpenting dalam pemasaran ikan cupang. Dengan kualitas yang baik ikan-ikan cupang ini akan mampu bersaing di Kancah Nasional maupun Internasional.

Untuk CAF Betta Festival sendiri, kompetisi ini bisa diikuti oleh seluruh komponen di Indonesia dengan total Rp 500 juta. Adapun pembagian kategori terdiri dari 2 kelas yaitu International Betta Congress (IBC) dan Standar Nasional Indonesia (SNI), dengan total kelas cupang yang dikompetisikan sebanyak 173 kelas untuk IBC dan SNI.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah




Close Ads