alexametrics
Kenali Jenis Tanaman Berdaun Pink

Fittonia Suka Matahari, Philodendron Dirawat bak Princess

10 Oktober 2021, 19:05:38 WIB

Warna daun tak hanya hijau. Beberapa jenis tanaman juga memiliki warna merah muda, dari yang pucat hingga menor. Perawatannya pun beragam. Ada yang bandel dan mudah beradaptasi, ada pula yang sangat sensitif.

DAUN-daun berwarna merah muda pucat hingga ungu terlihat di antara koleksi Gabriella Krissta Monditayana. Rata-rata, tanaman tersebut dipelihara di bawah teduhan. Terlindung, tapi tetap terkena cahaya matahari. Ica, sapaan Gabriella, menjelaskan, si cantik berdaun merah muda memang cukup sensitif terhadap cahaya matahari.

”Enggak bisa disamakan dengan tanaman pucuk merah yang makin ngejreng saat dijemur. Tanaman-tanaman ini bisa gosong kalau kebanyakan sinar matahari,” lanjutnya. Warna merah muda tiap jenis tanaman koleksi Ica juga beragam. Ada yang amat pucat seperti Syngonium pink perfect. Namun, ada pula yang cenderung keunguan seperti Calathea crimson pink.

Ica menjelaskan, kedua jenis tanaman memiliki warna merah muda alami. ”Pink-nya asli, bukan karena variegata atau mutasi gen. Jadi, umpama ada anakannya, sifatnya bakal sama,” ungkap pencinta tanaman hias yang tinggal di Rungkut, Surabaya, itu. Hal tersebut berbeda dengan Philodendron pink princess koleksinya yang bercak merah mudanya merupakan bentuk variegata. Dalam satu tanaman, warna pink tampil beragam. Dari berupa bercak hingga nyaris seluruh daun.

PENCINTA TANAMAN: Gabriella Krissta Monditayana merawat beberapa tanaman koleksinya di garden, area lantai 2 rumahnyan. (PUGUH SUJATMIKO/JAWA POS)

Editor : Ilham Safutra

Reporter : fam/c13/ai

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads