alexametrics

Simak 3 Cara Agar Tak Dibohongi Penjual Ikan Hias

10 September 2019, 09:58:49 WIB

JawaPos.com – Memiliki ikan hias di dalam rumah atau kantor bukan hanya untuk keindahan semata. Tapi tak jarang, adapula yang melihatnya sebagai investasi.

Yup, beberapa jenis ikan hias memiliki harga yang fantastis dan bernilai ekonomis. Sayangnya, karena ketidakpahaman, tak jarang orang baru menyukai dunia ikan hias tertipu oleh penjual. Terlebih jika ikan yang hendak dibelinya memiliki nilai yang fantastis.

“Karena memiliki nilai investasi dan harga yang fantastis, pelaku hobi ikan hias harus punya kiat agar terhindar dari penjual ikan hias bodong. Dan tak dibohongi penjual,” kata Founder SatuAir, Danang Prima, kepada JawaPos.com baru-baru ini.

1. Kenali Reputasi Penjual

Mengenal reputasi penjual bisa menggunakan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mengikuti berbagai forum online baik di sosial media maupun website forum. Dengan demikian, Anda bisa memahami penjual yang tidak hanya bisa menjual dengan harga murah, tetapi sangat memahami ikan hias yang hendak dia jual.

Paling penting adalah penjual ini punya track record selalu jujur atau tidak ketika melakukan transaksi. Jika langkah itu masih kurang membuat yakin atas reputasi penjual, jangan ragu untuk bertanya dengan yang ahli.

2. Ketersediaan Farm Pembiakan Ikan Hias

Pastikan penjual yang akan melakukan transaksi mempunyai farm sendiri. Sehingga jika terjadi masalah dengan ikan hias yang dibeli, maka bisa secara cepat ditangani klaim atas masalah yang dihadapi. Jika penjual tersebut tidak mempunyai farm, pastinya klaim akan kendala dan tidak akan secepat ditangani. Kenapa? karena penjual tersebut harus berkoordinasi dengan orang lain.

3. Jika Beli Ikan Hias Online

Beli ikan hias bisa melalui platform online baik lewat media sosial atau aplikasi. Namun pastikan Anda aman bertransaksi. Pastikan platform online tersebut memiliki sistem dan algoritma yang unik khusus ikan hias. Terlebih platform tersebut bisa memberikan rekomendasi dan penilaian secara fair terkait dengan reputasi dari penjual.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Close Ads