alexametrics

Cerita drg Elisea Kiswantoro SpKG dan Dua Kelinci Kesayangan

Ruangan Harus Sejuk, Kandang Terpisah
10 Januari 2021, 15:15:34 WIB

Keinginan memiliki kelinci terlintas di benak drg Elisea Kiswantoro SpKG sejak setahun lalu. Dia ingin memelihara hewan yang ramah dengan manusia. Hadirlah Machiko dan Yuki. Sepasang kelinci yang dirawatnya sejak pertengahan 2020.

DI MATA Elisea, kelinci amat menggemaskan. Telinga panjang, tubuh mungil, dan bulu lebat itu membuatnya terlihat cute dan menarik hati. Terlebih, mamalia tersebut tidak mudah terserang penyakit ataupun memicu alergi pada manusia. Itulah yang membuat Elisea semakin mantap untuk memeliharanya.

’’Apalagi saya punya anak kecil, jadi ingin lebih aman saat anak-anak menyentuhnya,’’ ujarnya saat ditemui di kediamannya, kawasan Kupang Indah, Kamis (7/1). Benar saja, sang anak sangat menyayangi Machiko dan Yuki. Bahkan, kelinci menjadi kata kedua yang bisa diucapkan anak semata wayangnya itu setelah kata mama.

Elisea pun menjelaskan tentang ciri fisik dan perawatan dua kelincinya tersebut. Dia mengatakan bahwa usia Machiko dan Yuki tak terpaut jauh. Hal itu mengakibatkan ukuran mereka tak berbeda jauh.

Machiko, si kelinci betina berusia 5 bulan, merupakan kelinci berjenis Netherland dwarf. Ia memiliki warna bulu kombinasi hitam-putih serta bola mata hitam. Sedangkan Yuki merupakan kelinci jenis Holland lop jantan berusia 6 bulan. Bulunya putih dan bola matanya merah.

Keduanya dipisahkan dengan kandang tersendiri. ’’Karena kelinci itu hewan teritorial atau punya area tinggal sendiri, jadi memang harus pisah,’’ kata Elisea. Di dalam kandangnya terdapat rumput-rumput kering untuk menyerap kotorannya. Keduanya tinggal di ruangan yang sekiranya sejuk atau tidak terkena matahari secara langsung. Sebab, suhu akan memengaruhi fisiknya.

Baca Juga: Merawat Kucing Hamil di Rumah, Hindari Memandikan supaya Tak Stres

Setiap hari Elisea memberinya makan dengan dry food dan rumput khusus kelinci. Yang diimpor dari luar negeri karena tidak diproduksi di Indonesia. Keduanya nonhewani dan mengandung gizi yang dibutuhkan kelinci. Menurut dia, kelinci sebaiknya tidak diberi makan kangkung atau wortel. ’’Sebab, itu ada kandungan gasnya, yang berisiko membuat pencernaan kelinci jadi enggak nyaman,’’ papar alumnus Pendidikan Dokter Gigi Universitas Airlangga tersebut.

Untuk menjaga tampilan tetap cakap dan pelukable, grooming pada Machiko dan Yuki rutin dilakukan sebulan sekali. Tujuannya, menjaga bulu dan kukunya tetap sehat. Elisea memercayakan grooming mereka kepada rekannya, Tirta. Tidak hanya grooming, Elisea juga kerap berkonsultasi rutin dengan Tirta mengenai asupan gizi dua kelinci kesayangannya itu.

KELINCI-KELINCI ELISEA

MACHIKO

5 bulan, betina, Netherland dwarf, warna bulu hitam-putih

YUKI

6 bulan, jantan, Holland lop, warna bulu putih

Makanan: dry food, rumput khusus

Grooming: sebulan sekali

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : nas/c19/nor


Close Ads