alexametrics

Buat Perangkat Gaming Mobile, Ini Dia Paten Terbaru Sony

8 Desember 2021, 13:52:14 WIB

JawaPos.com – Selain lewat konsol, perangkat PC atau laptop, bermain game kini lebih mudah dilakukan dengan perangkat mobile. Tren bermain game di ponsel pintar belakangan ini juga terus tumbuh pesat.

Hal tersebut didukung dengan semakin banyaknya game konsol atau PC hadir dalam versi smartphone, juga ekosistem lainnya yang terus tumbuh. Selain itu, sudah dianggap setara baik deri segi grafis, tingkat kesulitan dan pengalaman bermainnya, game-game mobile saat ini juga sudah banyak yang dipertandingkan di ajang E-Sport bergengsi berskala dunia, sama seperti game konsol atau PC.

Melihat tingginya tren tersebut dan diprediksi akan terus melonjak pada masa mendatang, Sony tampaknya ingin ambil bagian juga dalam momen tersebut. Hal tersebut ditunjukan Sony dengan mematenkan controller khusus untuk perangkat mobile.

Baru-baru ini, paten oleh Sony Interactive Entertainment of Japan itu beredar di internet dan cukup menjadi para perhatian pencinta game.

Seperti bisa dilihat pada gambar, tampilan controller mobile yang dipatenkan Sony ini mirip dengan DualShock 4. Buat yang belum tahu, DualShock 4 adalah controller untuk PlayStation 5 yang saat ini sedang hangat-hangatnya.

Tampak ada dua “pegangan” atau gagang controller di sisi kanan dan kiri. Di setiap sisi, terlihat ada struktur tombol layaknya yang ada di controller konsol tradisional.

Sebagai pengingat juga, controller PlayStation 4 dan PlayStation 5 tradisional sekarang dapat digunakan pada ponsel dengan konektivitas Bluetooth. Tetapi, ini akan menjadi aksesori yang sama sekali berbeda.

Itu bisa langsung digabungkan ke perangkat smartphone sebagai aksesori gaming ponsel pintar. Dengan faktor bentuk dan aplikasi yang demikian, Sony sejatinya bukan pemain pertama pada perangkat ini dan sudah ada banyak jenis controller mobile di pasaran.

Tampak sekilas juga, controller yang baru dipatenkan ini hampir terlihat seperti yang ada di Nintendo Switch dengan ponsel pintar namun dengan sentuhan Sony. Ada juga beberapa controller Razer dan Ipega yang menggunakan tata letak yang sama.

Meski sudah umum di pasaran, kami ingatkan, controller baru yang dipatenkan Sony sekali lagi masih berupa paten. Masih belum jelas apakah Sony akan membawa paten controller ini ke tahap produksi massal dan bersaing dengan controller sejenis lainnya di pasaran.

Meskipun banyak dari paten teknologi tidak pernah menjadi kenyataan, tetapi controller mobile PlayStation tampaknya memiliki peluang bagus. Terutama karena di ekosistem game mobile, game Sony untuk smartphone akan segera hadir misalnya adaptasi game WipeOut yang sedang dalam pengembangan.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads