alexametrics

Sony Patenkan Lagi Konsol Game Portabel seperti PSP dan PS Vita

7 Desember 2019, 13:39:41 WIB

JawaPos.com – Lini game konsol Sony PlayStation terbilang sangat sukses. Beberapa perangkat game mobile Sony lainnya, seperti PSP dan PS Vita, pun demikian. Meski concern Sony di masa depan tak lagi pada perangkat genggam, namun pabrikan Jepang itu tampaknya tak ingin tinggal diam dengan tetap menyiapkan beberapa paten konsol game mobile.

Laman LetsGoDigital seperti biasa menemukan paten terbaru. Kali ini giliran Sony yang terungkap mematenkan perangkat game mobile yang bisa jadi ini merupakan penerus dari PSP dan PS Vita masa mendatang.

Sebagaimana dikutip pada Sabtu (7/12), Sony Interactive Entertainment mengajukan paten untuk ‘sistem dan metode keluaran informasi’ ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO) pada 24 Juli 2019 lalu. Publikasi berlangsung hanya empat bulan kemudian, yakni pada 28 November 2019.

Dokumentasi mengacu pada perangkat kontrol portabel dengan bentuk persegi panjang. Perangkat ini memiliki semua elemen pengontrol permainan, termasuk D-pad, empat tombol kontrol, dan dua pemicu.

Layar LCD juga telah diterapkan pada paten yang kemudian dibuatkan render kreatifnya oleh LetsGoDigital. Ada saklar di bagian bawah yang berfungsi sebagai saklar on/off. Paten tersebut kemudian tampak seperti PSP dan PS Vita.

Paten desain konsol game mobile Sony. (LetsGoDigital)

LetsGoDigital menyebut bahwa Sony Interactive Entertainment mematenkan pengontrol permainan multifungsi yang dapat digunakan di rumah dan saat bepergian. Perangkat ini mencakup banyak fitur menarik, termasuk sensor sidik jari dan monitor detak jantung.

Pengontrol multifungsi memiliki memori dan dapat dihubungkan melalui internet dan atau bluetooth ke perangkat lain, seperti PC, konsol game atau TV pintar. Dengan bantuan pengontrol, pengguna dapat mengendalikan komputer untuk memulai program permainan dan menampilkan kontennya di TV.

Pengontrol juga dapat digunakan untuk mengoperasikan game. Dengan cara ini kamu dapat memainkan game PC di televisi. Selain bermain game, dimungkinkan juga untuk melihat foto atau mendengarkan musik yang tersimpan di komputer.

Seperti sudah disinggung di atas, paten perangkat ini memiliki sensor sidik jari dan monitor detak jantung. Fitur tersebut kemungkinan untuk mendeteksi keadaan pengguna.

Hal ini memungkinkan perangkat kontrol untuk mendeteksi sidik jari dan detak jantung pengguna seperti yang digunakan pada telepon pintar. Termasuk dapat menandai lokasi keberadaan pengguna, misalnya di luar ruangan, di perkotaan, atau di rumah teman.

Perangkat pengoperasian portabel dilengkapi dengan giroskop dan sensor akselerasi yang dapat mendeteksi tiga arah. Gambar yang ditampilkan juga dapat diputar, misalnya, saat kamu ingin menampil gambar tertentu.

Sumber: LetsGoDigital

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto


Close Ads