alexametrics

PPBN 2019 Sukses Digelar, Inilah Daftar Pemenangnya

7 November 2019, 17:49:25 WIB

JawaPos.com – Pemilihan Putra-Putri Batik Nusantara (PPBN) 2019 sukses digelar. Acara yang dihelat Ikatan Pecinta Batik Nusantara (IPBN) bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata & Ekonomi kreatif itu bertujuan untuk melestarikan budaya bangsa.

Maarif, pembatik muda asal Gresik, Jawa Timur, terpilih sebagai Putra Batik Nusantara 2019. Sementara Putri Batik Nusantara 2019 diraih oleh Kiki Jatmiko Putri. Keduanya berhak membawa pulang hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 50 juta, beasiswa, dan peluang mempromosikan budaya pariwisata Indonesia dalam berbagai macam kegiatan di dalam dan luar negeri.

Pemenang kedua Putra Batik Nusantara 2019 jatuh kepada Nikolas Wisnu Adhyatmoko, perwakilan DKI Jakarta dan Karinka Bella Prasetya dari Provinsi Bali. Sementara juara ketiga diraih oleh Achmad Algan dan Fetri Dwi Amlika. Keduanya berasal Provinsi Sumatera Selatan.

Acara ini digelar secara rutin tiap tahun dan kini memasuki tahun ke-9. Mengusung tema Mantra Dewata, event ini diharapkan dapat memberikan semangat kepada generasi muda untuk terus mencintai dan mengembangkan batik yang sudah diakui UNESCO sebagai Masterpiece of The Oral and Intangible Heritage of Humanity dari Indonesia sejak 2009.

“Acara ini diselenggarakan oleh anak muda berbudaya, para alumni Putra Putri Batik Nusantara lintas angkatan sebagai bentuk bela bangsa kami untuk Indonesia. Kami kemas secara kreatif dan menarik dengan gaya anak muda supaya batik digemari semua,” kata Creative Director Pemilihan PPBN 2019, Bayu Adhitama, dalam rilis pers yang diterima JawaPos.com.

Para pemenang dipilih dan diseleksi melalui rangkaian audisi. Bertindak sebagai ketua dewan juri Putra-Putri Batik Nusantara (PPBN) 2019 adalah DR. Sapta Nirwandar (Inisiator & Founder IPBN), Reinitasari Adrian (Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation), Emilya Setyaningrum (Dosen STIKOM The London School of Public Relations (LSPR) Jakarta), Nita Kenzo (Yayasan Batik Indonesia), Insana Habibie (Pakar Batik), DR. Jacky Mussry (Deputy Chairman Markplus Inc), dan Musa Widyatmodjo (Desainer Senior & Pemerhati Batik).

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Abdul Rahman



Close Ads