alexametrics

Bertanam dari Sisa Sayuran, yuk: Tanam Sekali, Panen Berkali-kali

6 September 2021, 09:24:43 WIB

Dari Pinterest, banyak pekebun yang tertarik menjajal regrow. Alias bertanam dari bagian sisa sayuran. Namun, kenyataan tak seindah bayangan. Banyak tanaman yang gagal tumbuh, busuk, dan mati. Bagaimana agar regrow tak berakhir merana?

SEKILAS, konsep regrow terlihat mudah. Cukup letakkan bonggol, sisa akar, atau batang sayuran dalam air. Dalam beberapa pekan, tanaman pun siap dipanen. Nah, bagi pemula yang ingin menjajal tanam ulang, Danti Sukmawati Ciptaningtyas menyarankan penggunaan media tanah. ’’Pakai air bisa. Tapi, lebih ke sistem tanam hidroponik dengan nutrisi,’’ lanjutnya.

Menurut Danti, penggunaan media tanah lebih praktis. Sebab, proses tanam dilakukan sekali jalan. Dia kerap bertanam langsung di planter bag atau pot berukuran besar. Dengan demikian, tak perlu berganti pot ketika tanaman mulai rimbun.

PERAWATAN MUDAH: Beberapa tanaman yang tumbuh bagus hasil dari regrow. Danti menyarankan penggunaan regrow menggunakan media tanah daripada air. Sebab, rawan busuk dan gagal. (DANTI FOR JAWA POS)

Pekebun yang tinggal di Berau, Kalimantan Timur, itu menjelaskan, regrow dengan media air lebih rumit. Ketika mulai banyak akar tanaman, ia harus dipindah ke tempat yang lebih besar. Atau, ditanam di tanah. ’’Berdasar pengalaman, proses itulah yang memicu stres. Alhasil, tanaman busuk atau gagal tumbuh saat dipindahkan,’’ paparnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : fam/c12/ai

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads