alexametrics

Epic Games Tiba-tiba Matikan Games Fortnite Versi Tiongkok, Ada Apa?

5 November 2021, 09:30:34 WIB

JawaPos.com – Game Fortnite versi Tiongkok yakni Fortress Night kabarnya akan ditutup pada 15 November mendatang. Namun, pengembang game ini, yakni Epic Games, belum menjelaskan alasan mengapa Fortress Night bakal dicabut.

Menurut pengumuman di laman resminya, Epic hanya mengatakan bahwa game tersebut akan beroperasi hingga 15 November. Dalam proses penutupan, pada 1 November Fortress Night telah menutup kesempatan pendaftaran baru.

Dalam unggahan website Fortnite yang diterjemahkan, hanya dikatakan kalau pengujian game Fortnite di Tiongkok telah selesai.

Epic Games menutup server Fortnite sepenuhnya dan melarang pengguna login,” tulis Fortnite.

Epic Games juga mengucapkan terima kasihnya kepada para pemain yang pernah berpartisipasi dalam permainan Fortnite selama ini.

Menurut spekulasi yang beredar, penutupan server Fortnite di Tiongkok ini kemungkinan karena aturan yang akan diterapkan di sana terkait pembatasan game baru untuk anak-anak.

Pasalnya aturan baru tersebut menyebutkan, mulai Agustus lalu, anak-anak di bawah 18 tahun hanya boleh bermain video game selama tiga jam per minggu. Media yang didukung pemerintah Tiongkok juga menyebut, game online merupakan candu spiritual.

Persoalan larangan beroperasinya platform tertentu di internet atau pun memperketat gim bukanlah hal baru di Tiongkok. Negara ini melarang anak-anak main game mulai pukul 10 malam hingga 8 pagi pada 2019. Selain itu Tiongkok juga membatasi screentime anak-anak hingga 90 menit saja pada hari kerja.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Rian Alfianto




Close Ads