alexametrics

Piala Presiden Esports 2021 Upaya Maksimalkan Potensi Game Lokal

4 November 2021, 10:59:25 WIB

JawaPos.com – Penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2021 dinilai menjadi momentum bagi kebangkitan dan pertumbuhan industri game lokal buatan dalam negeri. Dipertandingkannya game lokal secara resmi di ajang ini, diharapkan dapat menjadi stimulus dan ikut mempopulerkan game buatan Indonesia.

Bahkan, pemerintah turut berkomitmen untuk memberi ruang dan memaksimalkan potensi produsen game Tanah Air untuk tumbuh dan berkembang, tidak hanya di dalam negeri, namun juga mampu bersaing secara global. Game yang dipertandingkan adalah Lokapala dan Battle of Satria Dewa.

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Neil El Himam menyatakan, Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan game buatan anak bangsa. Dari 17 subsektor ekonomi kreatif yang dibina, game menunjukkan pertumbuhan yang positif di tengah situasi pandemi Covid-19.

Meski demikian, masih banyak tantangan yang harus diatasi demi pengembangan game lokal yang maksimal. Diperlukan keterlibatan lintas sektoral dari pemerintah, developer game, serta pelaku industri game lokal yang tersinergi dengan baik.

“Game-game Indonesia banyak diminati di luar negeri, misalnya saat kemarin kami membawa sejumlah game lokal ke Game Connection America. Banyak pihak yang tertarik untuk mem-publish game-game Indonesia serta melakukan investasi. Menurut Game Cons, 30 game terbaik di Asia salah satunya datang dari Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas game kita sudah cukup baik,” ujar dia dikutip, Kamis (4/11).

Dirjen Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Semuel Abrijani Pangerapan menuturkan bahwa pemerintah akan terus melakukan berbagai upaya seperti penyetaraan pemain dan developer game, sertifikasi game lokal, serta menyelenggarakan berbagai program pembinaan, fasilitas atau insentif guna mendorong pertumbuhan industri game lokal Tanah Air.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Saifan Zaking




Close Ads