alexametrics

Bikin Sendiri Magnet Flamingo

4 Oktober 2019, 15:31:29 WIB

JawaPos.com – Magnet yang menghiasi kulkas bisa dibikin sendiri. Begitu kata Amelia Soegiarto. Clay crafter itu mengajarkan pembuatan magnet kulkas berbentuk flamingo. Bahannya juga gampang didapat.

Yakni, sebilah kayu bulat berdiameter 6–7 sentimeter, air dry clay warna-warni, lem kayu, dan air. Peralatannya, potongan paralon untuk memipihkan, gunting atau cutter untuk membentuk garis, dan tusuk gigi untuk membuat lubang.

Yang kali pertama dikerjakan adalah menutup salah satu permukaan kayu dengan clay warna putih. Nanti clay tersebut digunakan sebagai alas objek-objek lainnya. Selanjutnya, bentuk clay berwarna pink menjadi kepala flamingo. ’’Tahap ini yang paling sulit karena bentuk kepala flamingo melengkung. Kalau tidak hati-hati, bisa timbul retak-retak pada bagian lengkungannya,’’ jelas Amelia.

Karena itu, dia memberikan tip. Setelah menguleni clay warna pink, tidak boleh ada jeda terlalu lama untuk membentuknya. ’’Kalau jedanya terlalu lama, bisa kering clay-nya,’’ katanya. Namun, kalau ada sedikit keretakan, menguleni clay tidak perlu diulang. ’’Bisa diakali dengan memberikan sedikit air pakai cotton bud di bagian yang retak sambil retaknya ditutup,’’ tuturnya.

Tahap berikutnya adalah membuat badan dan menghiasinya dengan clay yang dibikin menyerupai tetesan air dan diberi garis-garis. Pemasangannya ditumpuk-tumpuk sehingga hasilnya akan mirip bulu asli.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : ika/c14/any



Close Ads