alexametrics

Latih Kekuatan Fisik dan Mental di Sekolah Anjing

4 April 2021, 16:48:54 WIB

Layaknya manusia, latihan fisik pun membangkitkan kekuatan mental pada anjing. Baik itu jenis latihan di air maupun di darat. Kini, menyekolahkan anjing tidak lagi sekadar tren. Namun, sudah menjadi kebutuhan.

TUNG-TUNG tidak berhenti menggoyangkan ekornya. Pandangannya terus tertuju pada kolam renang di depannya. Begitu pintu kandang dibuka, golden retriever itu langsung mencolot. Dalam hitungan detik, ia menceburkan diri ke kolam renang. Segaaaar…

Jenny Purnomo, pelatih Tung-Tung, pun langsung menyambung adegan nyemplung kolam tersebut dengan sesi bermain. Saat ”muridnya” sibuk menggerakkan kaki-kakinya di dalam air, perempuan berambut sebahu itu melemparkan bola ke kolam. Dengan gesit, Tung-Tung mengejar bola tersebut. Gerakan empat kakinya pun lincah dan luwes demi mencapai sasaran.

Aktivitas siang bolong pada Rabu (31/3) itu menerbitkan senyum di wajah Jenny. Dia senang karena Tung-Tung aktif. Bagi jenis anjing besar seperti golden retriever, berenang memberikan banyak manfaat. Utamanya untuk mendinginkan suhu tubuh si sahabat terbaik manusia itu.

”Pada dasarnya, semua jenis anjing punya kemampuan berenang,’’ kata Jenny. Namun, seperti pepatah yang berbunyi bahwa tak kenal maka tak sayang, tidak berlatih juga tidak akan membuat anjing tiba-tiba jago berenang. Semua perlu proses. Ada tahapannya. Dan, yang paling penting adalah tahap mengenalkan anjing pada air.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : gal/c13/hep




Close Ads