alexametrics

Merawat Madagascar Tenrec, Si Mungil Berbulu Tajam

3 Januari 2021, 16:16:29 WIB

Kalau ingat landak, hampir pasti ingat Sonic the Hedgehog. Nah, ini ada Madagascar tenrec yang sekilas mirip landak, tapi lebih mungil. Dan sedang disukai para kolektor satwa eksotis.

POSTUR Madagascar tenrec lebih kecil daripada landak. Mamalia endemis Madagaskar Selatan dan Barat Daya itu memiliki bulu berduri cokelat yang menutupi punggungnya. Perutnya berwarna pucat dengan bulu yang lembut. Ada bulu panjang mirip kumis di sekitar hidungnya yang moncong seperti tikus. Bulu di atas kepalanya bak disisir rapi gaya mohawk. Yang menggemaskan, bola matanya hitam kecil mungil.

”Sebenarnya Madagascar tenrec ini bukan hewan langka. Namun, hewan ini masih jarang didatangkan ke Indonesia. Jadi, tidak semua bisa dapat Madagascar tenrec,” terang Budi Wonosasmito, kolektor hewan eksotis Surabaya.

Budi menjelaskan, Madagascar tenrec sendiri masih termasuk landak (hedgehog). Dia menceritakan, tenrec miliknya saat ini telah berusia 1,5 tahun. Biasanya tenrec memiliki masa hidup 8 sampai 10 tahun. Lantaran tenrec jarang masuk Indonesia, harganya pun cukup lumayan. Jenis common tenrec seperti miliknya dibanderol Rp 4,5 juta. ”Yang biasanya banyak dicari adalah jenis lowland dan highland tenrec. Warnanya yang unik dan eksotis. Harganya bisa tembus Rp 5,5 juta per ekor,” katanya.

Common tenrec, terang Budi, merupakan spesies terbesar dari keluarga tenrecidae yang bisa tumbuh 30–40 sentimeter. Common tenrec juga sering disebut sebagai tenrec tak berekor (tailless tenrec). Ekornya kecil dan tersembunyi. ”Berbeda dengan lowland dan highland tenrec. Ukurannya tidak bisa besar. Paling panjang maksimal 15 sentimeter. Juga memiliki duri yang lebih berwarna,” jelasnya.

Baca Juga: Si Nyonya Puff, Ikan Buntal yang Menggemaskan

Owner Turtle World Surabaya itu menambahkan, tenrec masih jarang dipelihara. Padahal, pemeliharaannya sangat mudah. Salah satunya karena cocok dengan udara di Indonesia. Cara memelihara tenrec hampir mirip dengan landak mini pada umumnya.

Cukup dimasukkan ke dalam kandang dengan alas serbuk kayu. Bahkan ditempatkan di kandang beralas tanah pun bisa. Makan dan minumnya juga bisa langsung ditempatkan di wadah. ”Tenrec kalau lapar dan haus bisa makan dan minum sendiri. Mereka akan berhenti makan ketika sudah kenyang,” ujarnya.

Budi mengungkapkan, makanan tenrec juga tidak sulit. Bisa diberi ulat hongkong, serangga, maupun cat food. ”Pemberian serangga bisa beberapa hari sekali. Tidak harus setiap hari,” ucapnya.

TENTANG MADAGASCAR TENREC

Kelas: Mamalia

Keluarga: Tenrecidae

Masa hidup: Sekitar 5–10 tahun

Spesies: Common tenrec, lowland tenrec, dan highland tenrec

– Berhabitat di hutan kering, pantai kering, semak belukar, atau semi-gurun pasir

– Makanan pelet yang dikombinasikan khusus dengan serangga hidup

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : ayu/c9/jun


Close Ads