alexametrics

Buka YouTube Tutorial Gunting Ari-Ari Kucing

1 Juni 2021, 11:02:21 WIB

Sebagai home enthusiast, punya enam anak bulu (anabul), bahkan pernah 12 ekor, tentu tak mudah bagi Rosa Puspasari. Risiko rumah acak-acakan dengan bonus ”bau” bisa menghantui setiap hari.

TAPI, Noei, Kiko, Komi, Koichi, Kenji, dan Kofi beruntung. Sang pawrent sejak awal sadar atas risiko tersebut. Sehingga hingga kini tak pernah ada drama dengan cucuran air mata atas kejahilan-kejahilan mereka.

”Tapi, punya peliharaan dalam rumah pasti banyak yang dikorbanin ya. Nggak mungkin bisa 100 persen ngejaga,” ujarnya saat ditemui di rumahnya di Depok, Jawa Barat, Rabu (26/5).

Rosa ingat betul, sekitar beberapa bulan lalu, terpaksa harus bongkar lantai vinil di area depan entryway terakota. Itu bermula ketika dia mencium bau pipis kucing. Awalnya ibu satu anak tersebut hanya berpikir air kencing cuma di permukaan lantai. Lalu dipellah lantai sampai kinclong.

Sayangnya, bau itu tak kunjung hilang. Dia mulai curiga anabulnya spraying di kayu pintu dan kaki kursi. ”Udah diberesin, tapi kok masih bau ya,” kenangnya.

Hal itu membuatnya insecure. Muncul kekhawatiran bila ada tamu datang dan merasa tidak nyaman. Rosa curiga air kencing anabulnya merembes ke bawah. Akhirnya sang suami diminta membongkar lantai di sekitar area tersebut. Benar saja, setelah dibuka, ada becek-becek air di beberapa bagian. ”Dan itu bau banget,” ungkap pemilik akun Instagram @Rumah.Rosa tersebut.

Rosa mengambil langkah berani dengan mengganti lantai vinil di area tersebut.

Bukan berarti para anabul tidak perlu diajari. Baginya its a must. Hal itu juga untuk mengantisipasi adanya kerusakan-kerusakan fatal. Misalnya menyediakan scratcher di lokasi-lokasi yang memang berisiko mendapat cakaran mereka. Rosa bahkan mengajari mereka satu per satu nyakarin scratcher yang dibelinya sambil mengajak diskusi. Bahwa nyakarnya di situ saja.

Kemudian menyediakan litter box di area khusus kucing. Sejak kecil Noei, Kiko, Komi, Koichi, Kenji, Kofi, termasuk Buntut (yang sudah meninggal) telah mendapat toilet training. Walaupun masih ada saja yang suka nakal seperti Noei. Spraying sembarangan. ”Karakter kucing itu seperti anak ya. Dikasih tahu ada yang nurut, ada juga yang bandel,” ujarnya, lantas tertawa.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : mia/c9/tia

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads