alexametrics

Masih Saja Benturkan Jokowi dan Prabowo

31 Oktober 2019, 20:06:32 WIB

JawaPos.com – Produsen hoax memanfaatkan pro dan kontra atas dipilihnya Prabowo Subianto sebagai menteri pertahanan untuk kembali bikin suasana panas. Mereka membuat berita palsu tentang pernyataan Jokowi yang bernada ancaman. Judulnya, Jokowi Ingatkan Prabowo: Kalau Jadi Anak Buah Jangan Macam-Macam. Berita yang dibuat blog petroxi.blogspot.com itu kemudian disebar melalui medsos dan mendapat beragam tanggapan nyinyir.

Salah satu netizen yang terpengaruh dengan judul berita itu adalah pemilik akun Hajis Suharno (fb.com/hajis.r/posts/3192488207459422). Pada 17 Oktober 2019, dia membagikan link berita dari blog Petroxi dan menuliskan komentar sinis yang ditujukan kepada Jokowi. ”Kalah Pamor merasa tersaingi,” ujarnya.

Link yang dibagikan Hajis Suharno itu berupa judul berita dari blog Petroxi plus foto Prabowo yang sedang melakukan inspeksi pasukan. Namun, saat tautan itu diklik, yang muncul adalah pemberitahuan bahwa blog Petroxi telah dihapus.

Namun, jejak digitalnya menyebutkan bahwa isi berita itu mencomot dari portal dailymail.co.id. Judul asli berita yang terbit pada 22 Oktober 2019 tersebut berbunyi, Prabowo, Dulu Pesaing Kini Jadi Anak Buah Jokowi. Di dalamnya sama sekali tidak ada warning dari presiden kepada sang menteri pertahanan yang baru itu. Anda bisa membacanya di bit.ly/DuluPesaing.

Sementara itu, penelusuran menggunakan padanan gambar menunjukkan bahwa foto Prabowo meninjau pasukan yang digunakan blog Petroxi pernah diunggah portal berita online Suara.com. Di keterangan foto tertulis nama fotografer Arya Manggala. Ketika itu, Prabowo menginspeksi pasukan saat upacara penyambutan militer di Kementerian Pertahanan, Jakarta, pada Kamis, 24 Oktober 2019.

Foto itu digunakan sebagai ilustrasi untuk berita berjudul, Gerindra: Sejak Jadi Menhan, Prabowo Kini Bisa Berkunjung ke Amerika. Berita yang diunggah pada 29 Oktober itu menyebutkan, Prabowo sudah tidak lagi mendapat penolakan bila berkunjung ke Amerika Serikat, seiring dengan jabatannya sebagai menteri pertahanan. Anda dapat membacanya di bit.ly/BisaKeAS.

Portal Jawapos.com juga memberitakan informasi dari Partai Gerindra bahwa Prabowo telah dicoret dari daftar cekal AS. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan, sudah ada perwakilan dari AS yang menemui Prabowo. ”Dalam silaturahmi itu juga disampaikan undangan-undangan untuk berkunjung,” ungkapnya.

Namun, lanjut Dasco, Prabowo masih sibuk dengan tugas barunya di Kementerian Pertahanan sehingga belum bisa memenuhi undangan ke AS. Anda bisa membaca berita itu di bit.ly/Dicoret.

FAKTA

Berita tentang Jokowi dan Prabowo yang disebar blog Petroxi mencomot dari situs dailymail.co.id, tapi judulnya diubah. Fotonya mencomot dari portal Suara.com.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c7/fat



Close Ads