alexametrics

Hoax Lagu Kebyar-Kebyar Dinyanyikan di Penutupan Olimpiade Tokyo

31 Agustus 2021, 05:48:17 WIB

MOMEN pesta penutupan Olimpiade Tokyo 2020 masih saja digunakan sebagai bahan hoax. Kali ini ada yang menyebar kabar bahwa lagu berjudul Kebyar-Kebyar ciptaan Gombloh turut dilantunkan dalam momen akbar itu. Bahkan, disebutkan juga bahwa keluarga almarhum Gombloh langsung mendapatkan royalti dari penyelenggara Olimpiade.

”Clossing Ceremony Olympiade Tokyo. Lagu Indonesia ’Gebyar Gebyar’ ciptaan Alm. *Gomloh* dikumandangkan oleh Penyanyi kenamaan Spanyol, dan di backing vocal oleh mahasiswa² Indonesia yg sdg kuliah di Spanyol. Saat lagu itu berkumandang.. sungguh mendpt applous yg luar biasa dr seluruh atlit sedunia yg hadir di Tokyo,” tulis akun Facebook Kareem Alie pada 26 Agustus 2021.

Disebutkan juga bahwa penyanyi dari Spanyol itu meminta agar panitia Olimpiade Tokyo memberikan royalti lagu tersebut ke keluarga almarhum Gombloh. Permintaan itu direspons cepat oleh panitia. ”Panitia Olympiade yg di back up oleh Pemerintah Jepang langsung menyerahkan royalti ke keluarga senilai 250 jt rupiah, melalui kedubes Jepang di Indonesia,” tulis akun tersebut (bit.ly/LaguGomblohPenutupan).

Kabar tersebut tentu menggembirakan sekaligus membanggakan. Sayang, informasi yang juga disertai video tersebut palsu. Video musisi asing menyanyikan lagu Kebyar-Kebyar tersebut pernah diunggah kanal YouTube milik RCTI- ENTERTAINMENT pada 19 Agustus 2015. Jauh sebelum penyelenggaraan Olimpiade Tokyo. Yang membawakan lagu karya Gombloh itu adalah Arkana, sebuah band asal Inggris. Pemilik kanal YouTube memberi judul video itu, ARKARNA – KEBYAR KEBYAR [Mega Konser Dunia] [18 Agustus 2015]. Anda dapat melihatnya di bit.ly/AcaraTahun2015.

Saat itu, Arkarna bersama Michael Learns to Rock (MLTR) menjadi bintang utama pertunjukan musik bertajuk Mega Konser Dunia di Studio RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa, 18 Agustus 2015. Arkarna memang membawakan Kebyar-Kebyar karya Gombloh sebagai penutup setelah lagu So Little Time.

”Kali pertama mendengar lagu itu, kami takjub. Lagu ini memang punya spirit yang kuat,” kata vokalis Arkarna Ollie Jacobs sebelum membawakan lagu tersebut. Anda dapat membaca ulasan portal suara.com itu di bit.ly/NyanyiDiIndonesia.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c13/fat

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads