alexametrics

Bukan Video Meninggal Bersama Akibat Vaksinasi Covid-19 di Probolinggo

31 Juli 2021, 11:32:49 WIB

VIDEO dan narasi yang diunggah akun Facebook El Shaarawy beberapa waktu lalu bisa bikin orang salah paham. Dia membagikan ulang video salat Jenazah dengan lima keranda sekaligus di dalam masjid. Video itu diberi keterangan lima orang yang disalati tersebut meninggal setelah divaksin. Lokasinya di Probolinggo.

”Post lagi… Di Probolinggo 16 Juli 2021. Meninggal bersamaan 5 orang serumah “Setelah di Fucksin”. Kalau sudah begini siapa yang bertanggungjawab???” tulis akun tersebut pada 20 Juli 2021 (bit.do/KarenaVaksin).

Rekaman berdurasi 30 detik itu memperlihatkan jamaah bersiap melakukan salat Jenazah di dalam masjid. Ada lima keranda yang diletakkan secara berdekatan di depan mimbar.

Penelusuran jejak digital menunjukkan bahwa sejumlah portal berita telah memberitakan peristiwa itu. Kejadiannya di Lamongan, bukan di Probolinggo. Tidak ada satu pun media massa yang menyebut bahwa lima orang yang disalati itu meninggal akibat vaksin. Sebagian meninggal karena penyakit yang sudah lama diderita. Sebagian lagi karena usia yang memang sudah tua. Bahkan, ada yang usianya 115 tahun.

Camat Paciran Yuli Wahyuono menjelaskan, tiga jenazah berasal dari Desa Paciran. Sedangkan dua lainnya berasal dari Desa Sumurgayam. Lokasi dua desa itu berdekatan. ”Kelima jenazah tersebut dimakamkan seperti pemakaman pada umumnya karena meninggalnya bukan karena Covid-19. Dari lima orang tersebut, tiga orang sudah sepuh, dua lainnya karena sudah sakit lama,” jelasnya.

Prosesi pemakaman juga dilakukan secara bersamaan. Termasuk menyalati jenazah di dalam masjid. Sebab, jarak waktu meninggalnya lima orang itu cukup dekat. Pemakaman dilakukan di Dusun Padeg, Kecamatan Paciran, Lamongan. Anda dapat membacanya di bit.do/BukanProbolinggo.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c17/fat

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads