alexametrics

Latihan Pasukan Elite Malaysia Dituding Penyiksaan Etnis Uighur

30 Desember 2019, 17:34:23 WIB

JawaPos.com – Video palsu yang diklaim sebagai penyiksaan etnis Uighur oleh pemerintah Tiongkok semakin banyak tersebar. Misalnya, rekaman yang menunjukkan belasan orang yang direndam dan dipenjara dalam kurungan kayu. Jawa Pos menemukan video dengan watermark tagar #westandwithuyghur itu disebar ulang oleh akun Facebook Alexander.

’’Yg namanya komunis itu BKN manusia, tetapi budak iblis, syaitan. Siapa yg membela sama saja menjadi budaknya, haram surga utknya, kekal abadi di neraka, bohong iman, enggak diterima,’’ tulis Alexander sembari membagikan ulang unggahan Rachmat Hidayat pada 22 Desember 2019.

Setelah ditelusuri, video yang sama pernah diunggah kanal YouTube Khai Ryoi pada 7 Desember 2016. Judulnya Basic Komando. Dalam video itu, terdengar nyanyian yang menyebut-nyebut nama bumi Malaysia. Anda bisa melihatnya video berikut:

Situs pencari fakta hoaxes.id juga mengulas bahwa video serupa pernah diklaim sebagai penyiksaan muslim di Burma. Padahal, video tersebut merupakan dokumentasi aktivitas pelatihan Grup Gerak Khas (GGK) Angkatan Darat Malaysia. Anda dapat membacanya di bit.ly/PasukanElitMalaysia.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c18/fat


Close Ads