alexametrics

Heboh Menu Daging Manusia Mirip Kambing Guling

30 Desember 2019, 16:17:43 WIB

JawaPos.com – Kabar tentang restoran di Nigeria yang menyediakan menu daging manusia sempat viral pada 2014 dan 2015. Kini, kabar itu dilengkapi video tentang proses pembuatan menu tersebut. Tampak dua orang kulit hitam dipanggang dalam kondisi telanjang. Mirip kambing guling.

Video itu disertai suara perempuan pembaca berita yang menyebutkan bahwa restoran di dalam hotel tersebut akhirnya digerebek polisi. Selain operasional restoran ditutup, polisi setempat menahan sepuluh tersangka. Penggerebekan didasari laporan warga yang menyebut ada aktivitas aneh di dapur restoran tersebut.

Lantas, benarkah narasi dalam video yang menyebar cepat lewat aplikasi WhatsApp itu? Jika dilihat dengan sangat teliti, dua sosok yang dipanggang tersebut lebih mirip replika manusia. Kejanggalan lainnya, lokasi pemanggangan itu di alam terbuka. Berbeda dengan narasi video yang menyebut lokasinya adalah dapur hotel. Tampak juga lampu sorot yang mengarah pada orang yang dipanggang. Terkesan sebagai sebuah pertunjukan.

Memanfaatkan situs Yandex.com, Jawa Pos menemukan video serupa diunggah akun Instagram Galaxy Chimelong pada 31 Oktober 2018. Nama akun tersebut merujuk tempat wisata di Hengqin, Guangdong, Tiongkok. Anda dapat melihatnya di bit.ly/GalaxyChimelong.

 

View this post on Instagram

 

Копчёный человечки

A post shared by galaxy-vladlen (@galaxychimelong) on


Penelusuran lainnya juga memperkuat bahwa dua sosok yang dipanggang itu adalah boneka alias replika manusia di sebuah tempat wisata. Misalnya dua video yang dimuat situs vk.com, diunggah akun Vladen Galaxi. Tampak beberapa orang mengabadikan momen itu sebagai objek foto dan video. Anda bisa melihatnya di bit.ly/ReplikaManusia.

Ada juga kanal YouTube SviatMe yang mengunggah video tersebut dan memberinya keterangan sebagai bagian dari pesta Halloween. Judul video itu, Halloween Party at Chimelong Ocean Park | Zhuhai, China | SviatMe. Anda dapat melihat replika manusia yang dipanggang berputar-putar itu pada menit kelima di bit.ly/PestaHalloween.

Terkait kabar restoran yang menyajikan daging manusia di Nigeria, informasi itu pernah diunggah portal mirror.co.uk pada 2014. Disebutkan bahwa aparat setempat menahan 11 orang termasuk pemilik hotel. Saat penggerebekan, aparat menemukan dua kepala manusia di Negara Bagian Anambra, Nigeria, itu.

Selain dua kepala manusia, aparat mengamankan dua senjata serbu AK-47 dan puluhan amunisi. Selengkapnya, Anda bisa membaca berita yang terbit pada 12 Februari 2014 itu di bit.ly/DitemukanSenjata.

FAKTA

Dua sosok yang dipanggang dalam video itu adalah replika manusia, sebagai bagian dari pesta Halloween di Chimelong Ocean Park, Tiongkok.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c17/fat


Close Ads