Tebing Longsor di India Diklaim setelah Gempa Susulan di Cianjur

30 November 2022, 05:48:32 WIB

VIDEO longsor yang dikait-kaitkan dengan bencana gempa bumi Cianjur masih ditemukan di aplikasi TikTok. Dan masih ada netizen yang memercayai video yang tidak disertai sumber kredibel itu. Di salah satu video ada penampakan bukit yang longsor setelah gempa susulan di Cianjur.

”Sebuah bukit longsor setelah gempa susulan terjadi di Cianjur #gempacianjur #gempacianjurhariini #cianjurberduka #gempasusulandicianjur,” tulis keterangan akun GUNR SHOP beberapa hari lalu.

Video pendek tersebut turut menyertakan keterangan lainnya. Masing-masing menegaskan bahwa kondisi itu terjadi di Cianjur dan dekat perkampungan warga. Tampak longsoran tersebut menimpa beberapa bangunan (s.id/SusulanCianjur).

Penelusuran menggunakan situs padanan gambar mengarahkan Jawa Pos pada beberapa kanal YouTube berbahasa Hindi. Salah satunya kanal YouTube Crow Gemar Yt pada 3 Juli 2022. Lokasi longsor berada di Manipur, sebuah negara bagian di India di wilayah timur laut.

Keterangan video itu menjelaskan, tanah longsor di Manipur tersebut salah satunya karena hujan terus-menerus selama beberapa hari. Kamp tentara teritorial 107 dilanda tanah longsor di dekat Stasiun Kereta Api Tupul di Distrik Noni.

”Lusinan tentara terkubur di lumpur setelah kecelakaan ini,” bunyi penggalan narasinya. Tampak video tersebut identik dengan unggahan akun TikTok GUNR SHOP. Anda dapat melihatnya di s.id/LongsorManipur.

Soal bencana di Manipur, India, portal berita The Indian Express mengulas insiden itu pada 30 Juni 2022. Ada 8 orang meninggal dunia dan lebih dari 50 hilang saat tanah longsor menghantam kamp tentara teritorial di Manipur tersebut.

Dari 8 orang tewas itu, tujuh di antaranya tentara dan satu pekerja kereta api yang terlibat dalam pembangunan proyek kereta api Imphal-Jiribam. Tentara teritorial itu dikerahkan di dekat Stasiun Kereta Api Tupul di Distrik Noni untuk melindungi jalur kereta api yang sedang dibangun. Anda dapat membacanya di s.id/DelapanTewas.

FAKTA

Video tebing longsor itu terjadi di Manipur, India, pada Juni 2022. Delapan korban tewas, tujuh di antaranya tentara.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c9/jun

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads