alexametrics

Viral Foto Badan Lion Air JT-610 Ditemukan, BNPB Pastikan Itu Hoax

30 Oktober 2018, 10:54:23 WIB

JawaPos.com – Di tengah musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat sejumlah kabar hoax tersebar di dunia maya. Sejumlah warga net yang tidak bertanggungjawab dengan mudahnya menari-nari di atas duka keluarga korban.

Jika sebelumnya beredar video hoax detik-detik situasi di dalam badan pesawat Lion Air JT-610, kali ini hoax terbarunya beredar foto yang mengatakan bahwa badan pesawat nahas itu telah ditemukan.

Terkait itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho memastikan foto tersebut adalah hoax. Sampai saat ini badan pesawat Lion Air JT-610 belum ditemukan oleh tim SAR gabungan.

Viral Foto Badan Lion Air JT-610 Ditemukan, BNPB Pastikan Itu Hoax
infografis jatuhnya pesawat Lion Air (Kokoh Praba)

“Di sosial media beredar foto ini yang menyebutkan sebagai pesawat Lion Air JT-610. Info itu tidak benar. Itu Hoax,” ujar Sutopo melalui akun twitter resminya @Sutopo_PN, Selasa (30/10).

Pria yang mengidolakan penyanyi cantik, Raisa itu memastikan bahwa foto badan itu milik Lion Air JT-904, bukan Lion Air JT-610. Lion Air JT-904 sendiri pada 2014 silam pernah mengalami insiden yaitu terpeleset saat hendak landing di bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

“Foto ini adalah bangkai pesawat Lion Air JT-904 yang mengalami musibah di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada 13/4/2013. Jangan menyebarkan hoax,” tegasnya.

Atas dasar itu, Sutopo meminta agar oknum-oknum tidak bertanggungjawab untuk tidak lagi menyebarkan hoax serupa. Karena hal tersebut bisa membuat kegadugan publik.

Editor : Kuswandi

Reporter : (ipp/JPC)

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Viral Foto Badan Lion Air JT-610 Ditemukan, BNPB Pastikan Itu Hoax