alexametrics

Katanya Gagal Landing, Ternyata Hanya Simulasi

30 September 2019, 20:31:53 WIB

JawaPos.com – Video yang memperlihatkan ketegangan di sebuah bandara mendadak viral. Beberapa akun menyebarkan rekaman peristiwa tersebut dengan keterangan sebuah pesawat gagal mendarat dengan selamat di Bandara Kualanamu. Tampak petugas pemadam kebakaran dan SAR berusaha menyelamatkan korban.

’’Detik-detik pesawat gagal landing di Bandara Kualanamu.’’ Begitu narasi yang diunggah fan page Dead Race (fb.com/Dead-race-100402534702511/) kemarin. Dalam video itu, terlihat pula mobil pemadam sedang membasahi sebuah pesawat. Namun, kalau diperhatikan dengan teliti, bentuk pesawat tersebut seperti replika.

Memanfaatkan situs padanan gambar, situasi dalam video itu ternyata hanyalah rangkaian simulasi. Video lebih lengkap pernah diunggah kanal ONETRIP. Judulnya, SIMULASI DETIK-DETIK PESAWAT GAGAL LANDING DI BANDARA INTERNASIONAL KUALANAMU.

Situasi tersebut merupakan latihan penanggulangan keadaan darurat (PKD) oleh manajemen Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara. Temanya Increasing Preparedness of Airport Emergency Committee. Latihan itu dilakukan pada Kamis, 26 September 2019. Anda bisa melihatnya di bit.ly/SimulasiKeadaanDarurat.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c14/fat



Close Ads