alexametrics

Kabar Palsu soal Kebakaran Hutan Amazon Mencatut Ronaldo dan Messi

30 Agustus 2019, 18:03:51 WIB

JawaPos.com – Kebakaran hutan Amazon dimanfaatkan habis-habisan oleh akun-akun pemburu like, comment, dan share di media sosial. Kabar palsu tak habis-habisnya mereka bikin untuk menarik perhatian. Yang terbaru, mereka menyebar info bahwa para bintang sepak bola dunia menyewa pesawat hidran untuk membantu memadamkan api.

Setidaknya sudah ada dua nama pesohor lapangan hijau yang dicatut untuk membuat kabar hoax tentang pemadaman api di hutan Amazon. Selain Cristiano Ronaldo (CR7), foto Lionel Messi juga disebar bersamaan dengan foto-foto pesawat terbang yang sedang menumpahkan air dari ketinggian.

”Ronaldo menyumbang 3 pesawat untuk mengangkut air untuk ikut memadamkan kebakaran Amazon,” tulis pemilik akun Facebook Firdausi Ahla (fb.com/debudin.alcoentrao) sambil mengunggah kolase foto CR7 dan tiga pesawat yang tengah memadamkan kebakaran.

Kejanggalan terasa saat superstar klub sepak bola Barcelona Lionel Messi dikabarkan melakukan hal yang sama dengan foto pesawat yang sama pula.

Berdasar penelusuran Jawa Pos, ternyata foto-foto pesawat pemadam kebakaran yang diunggah bersama foto CR7 tidak berkaitan dengan kebakaran hutan Amazon. Pada tahun-tahun sebelumnya, foto itu digunakan berbagai portal berita luar negeri untuk artikel tentang pemadaman api.

Contohnya, pesawat berbadan putih yang tampak sedang menumpahkan air dari ketinggian. Versi aslinya pernah diunggah situs pengumpul foto dari Ukraina, photo.unian.info, dengan judul Teachings for extinguishing a forest fire. Adegan tersebut diabadikan fotografer Suvirov Aleksey pada 26 April 2013. Anda dapat melihatnya di bit.ly/SaatLatihan.

Situs pencari fakta milik Agence France-Press (AFP), factual.afp.com, juga meluruskan kabar tentang Ronaldo dan Messi yang membantu pemadaman kebakaran di Amazon. Dalam ulasan yang terbit pada 28 Agustus 2019 itu disebutkan, kabar tentang dua bintang sepak bola dunia yang menyewa pesawat hidran untuk hutan Amazon adalah keliru.

AFP Factual bahkan telah meminta konfirmasi kepada dua pemain tersebut. Klarifikasi tentang Messi diwakili juru bicara klub Barcelona. Ronaldo diwakili juru bicara timnas sepak bola Portugal. Mereka sama-sama membantah kabar di media sosial yang menyebutkan CR7 dan Messi menyewa pesawat untuk membantu memadamkan kebakaran di hutan Amazon.

FAKTA

Foto-foto pesawat terbang yang tengah memadamkan api tidak berkaitan dengan kebakaran hutan Amazon. Pihak Ronaldo dan Messi juga membantah telah menyewa pesawat tersebut.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c14/fat

Close Ads