alexametrics

Foto-Foto Lawas Pasukan RI di Lebanon, Bukan ke Palestina

30 Mei 2021, 05:48:04 WIB

SEJAK sepekan lalu, banyak beredar kabar bahwa pasukan Indonesia telah dikirim ke Palestina. Ada yang disertai video, ada pula yang dilengkapi kolase foto-foto aktivitas TNI. Sayangnya, semua kabar itu palsu.

Contohnya, kabar yang dibagikan akun Facebook Pramesty Ayu Larasaty pada 16 Mei 2021. Dia menyebut bahwa PBB akhirnya mengirim pasukan Indonesia ke Palestina. Kabar tersebut dilengkapi kolase empat gambar yang di-capture dari sebuah video (bit.ly/SudahDatang).

Empat capture itu memperlihatkan anggota pasukan pengamanan dengan emblem bendera Merah Putih dan helm pelindung bertanda UN (United Nations). Ada juga capture video yang memperlihatkan pasukan menaiki kendaraan taktis.

Seandainya pemerintah RI mengirim pasukan keamanan ke Palestina baru-baru ini, tentu kabar itu menjadi berita besar dan sudah pasti akan diberitakan semua media di tanah air. Namun, sejak pecahnya pertempuran antara Hamas dan Israel hingga genjatan senjata pada bulan ini, sama sekali tidak ada berita pengiriman pasukan oleh PBB ke Palestina.

Saat ditelusuri, gambar-gambar yang diunggah akun Facebook Pramesty Ayu Larasaty itu ternyata memperlihatkan aktivitas TNI saat bertugas menjadi pasukan perdamaian di Lebanon. Kolase capture video tersebut pernah diunggah kanal YouTube UNIFIL pada 16 Oktober 2013. Kesamaan foto itu terlihat dari detik ke-20 saat salah seorang komandan memimpin brifing persiapan operasi.

Video tersebut berjudul The Challenge – Gadir & the Indonesians. Video itu sejenis vlog yang dibuat Gadir Hamed. Perempuan yang baru saja lulus dari Universitas Lebanon tersebut menggambarkan keseharian para pasukan perdamaian. Bagi Gadir, dirinya tidak pernah membayangkan pengalaman bergabung dengan Batalyon Indonesia UNIFIL untuk one day tour de force (bit.ly/PasukanLebanonI).

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c14/fat

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads