alexametrics

Blog Clickbait Catut Nama TNI

30 April 2019, 13:33:32 WIB

JawaPos.com – Pengelola blog turbinsuinfo.blogspot.com, tampaknya, cukup bernyali. Demi mengejar klik, dia membuat berita hoax dengan mencatut institusi TNI. Dia mengatakan, TNI siap ambil alih kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Informasi itu kemudian disebar ulang lewat akun-akun medsos. Salah satunya Bonny Huwae (fb.com/bonyhuwae?). “TNI ambil alih tugas KPU bila terjadi lagi kecurangan,” tulisnya pada 29 April 2019. Di posting-an Benny tampak jelas link Turbinsuinfo dan foto beberapa personel TNI baret ungu.

Berita yang ditulis Turbinsuinfo jelas. Isi berita di blog itu hanya mencomot dari berita news.detik.com. Kemudian, judulnya diganti. Di dalamnya tidak ada statemen KPU maupun pihak TNI yang menyatakan bahwa TNI siap ambil tugas KPU.

Versi aslinya, berita itu berjudul KPU soal Kesalahan Entri Data: Tak Ada Niat Curang, Murni Human Error. Berita tersebut terbit pada 20 April 2019. Saat itu KPU menepis anggapan negatif terkait kesalahan input data Pemilu 2019 pada sistem informasi penghitungan (situng). KPU menengarai kesalahan entri data akibat human error atau faktor kesalahan manusia. Berita selengkapnya dapat Anda baca di bit.ly/KesalahanManusia.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (zam/c15/fat)