alexametrics

Pidato Kontroversial Sukmawati Dijadikan Berita Palsu yang Menghasut

29 November 2019, 19:00:30 WIB

JawaPos.com – Pidato kontroversial Sukmawati yang membandingkan Nabi Muhammad dengan Presiden Soekarno mulai diikuti kabar hoax. Sebuah blog bernama Tamparan membuat berita dengan judul provokatif dan menghasut. Katanya, PDIP menyebut Sukmawati tidak bisa ditahan karena yang bersangkutan adalah orang kuat.

Sebelum posting-an itu dihapus, Jawa Pos sempat membaca isi berita blog tersebut dan melakukan tangkapan gambar. Faktanya, berita itu mencuri dari portal berita nasional.okezone.com. Isinya sama persis, tetapi judulnya diubah.

Versi aslinya, berita itu berjudul PDIP Ingin Kasus Penodaan Agama yang Menjerat Sukmawati Tidak Diperpanjang. Berita yang terbit pada 17 November 2019 tersebut menjelaskan tanggapan politikus PDIP Hendrawan Supratikno terkait dengan pelaporan Sukmawati Soekarnoputri ke Polda Metro Jaya.

Hendrawan menyatakan, Sukmawati tidak bermaksud menistakan agama. ’’Tidak perlu diperpanjang karena memang niatnya bukan untuk meremehkan atau menistakan,’’ ujarnya. Anda dapat membacanya di sini.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c18/fat



Close Ads