alexametrics

Sutopo Pastikan Video Detik-Detik Pesawat Lion Air JT-610 Jatuh Hoax

29 Oktober 2018, 21:08:16 WIB

JawaPos.com – Penyebaran berita bohong alias hoaks terjadi di tengah suasana duka kecelakaan pesawat Lion Air JT-610 di perairan Tanjung Karawang pada Senin (29/10) Pagi. Kali ini, beredar video berdurasi 1 menit yang menunjukkan suasana kepanikan penumpang pesawat yang konon katanya sebelum jatuh ke perairan.

Teka-teki benar atau tidaknya video ini pun langsung dibantah oleh Kepala BNPB Sutopo Purwo Nugroho. Melalui akun twitter pribadinya @Sutopo_PN, dia menegaskan video itu bukan kejadian dalam pesawat Lion Air JT-610 tujuan Jakarta ke Pangkalpinang.

Tapi, imbuh Sutopo, situasi kepanikan dalam pesawat itu merupakan kejadian penerbangan Lion Air JT 353 dengan tujuan Padang ke Jakarta. Kala itu, pesawat tengah mengalami turbulensi dalam penerbangan. Itulah kenapa dalam video itu seluruh penumpang seraya terus mengucap nama Tuhan.

“Semua penumpang selamat (insiden JT 353) beberapa waktu lalu,” kata Sutopo dalam akun pribadinya.

Dia juga memastikan tak ada video maupun foto yang berhasil diabadikan oleh penumpang saat pesawat JT-610 hendak jatuh ke perairan Tanjung Karawang. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat tak sembarangan sebar kabar yang tak benar.

“Jangan ikut menyebarkan hoax,” jelasnya.

Diketahui, dalam video penerbangan JT-353 tersebut, terlihat suasana gelap dan kepanikan penumpang saat mengalami turbulensi. Sayup suara penumpang juga terdengar sedang mengucapkan asma Tuhan. Akhirnya, pesawat ini selamat sampai hingga akhir tujuan dan tanpa korban jiwa.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : (aim/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Sutopo Pastikan Video Detik-Detik Pesawat Lion Air JT-610 Jatuh Hoax