alexametrics

Produsen Hoaks Mengira Priyo Budi Santoso Warga Negara Tiongkok

29 September 2021, 05:48:44 WIB

KOLASE dua foto yang dibagikan akun Facebook Saefulxrekul Movie On Senin (27/9) tampak ditujukan untuk mem-bully rezim pemerintahan saat ini. Narasinya senada. Mengklaim bahwa Indonesia lebih dihormati Tiongkok pada zaman Orde Baru daripada saat ini.

Kolase itu berisi dua foto. Yang pertama menunjukkan peristiwa lama saat Presiden Soeharto bersalaman dengan pria berwajah oriental. Pak Harto terlihat berdiri tegak, sementara pria yang mengajak bersalaman membungkuk. Foto kedua diklaim menunjukkan Presiden Joko Widodo bersalaman dengan warga negara Tiongkok.

Tampak mantan wali kota Solo itu membungkuk, sementara lawan jabat tangannya berdiri tegak. ”Yg mana yg hebat, Yg mana yg pecundang Pahamkan,” tulis akun Facebook Saefulxrekul Movie On kemarin.

Saat dilihat lebih teliti, dalam foto tersebut Jokowi tidak sedang berjabat tangan dengan warga negara (WN) Tiongkok. Foto itu diabadikan pada 2014. Saat itu Jokowi masih menjabat gubernur DKI Jakarta. Yang menjabat tangannya bukan WN Tiongkok, melainkan Priyo Budi Santoso yang kala itu menjabat wakil ketua DPR.

Momen jabat tangan itu terjadi saat keduanya menghadiri acara Hari Buruh di Istora Senayan, Jakarta, pada Februari 2014. Anda dapat melihat foto tersebut dengan lebih jelas di bit.ly/PriyoBudiS.

Sementara itu, foto bagian atas menunjukkan Presiden Ke-2 RI Soeharto berjabat tangan dengan seseorang bernama Sudono Salim alias Liem Sioe Liong. Dia adalah pengusaha sekaligus pendiri Salim Group. Sudono Salim memang lahir di Kota Fuqing, Fuzhou, Provinsi Fujian, Tiongkok.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c14/fat

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads