alexametrics

Sebar Hoax Pakai Video Lawas Salat Subuh di Depan Hagia Sophia

29 Juli 2020, 05:05:59 WIB

KEBIJAKAN pemerintah Turki yang memfungsikan kembali Hagia Sophia sebagai masjid terus menuai pro dan kontra. Ada yang mendukung, tapi ada juga yang menolak. Di media sosial pro dan kontra itu juga disusupi hoax. Salah satunya berupa video ribuan warga Turki salat berjamaah di jalanan yang diklaim sebagai salat Subuh setelah Hagia Sophia kembali menjadi masjid.

”Semenjak di buka, sholat subuh di Hagia Sophia. Inilah yg ditakuti para kafeer jika Jama’ah Sholat Subuh banyaknya spt halnya Sholat Jum’at.” Begitu keterangan yang ditulis halaman Facebook Berita Islam pada 22 Juli 2020 (bit.ly/SejakDiBuka).

Video dengan durasi 3 menit 8 detik itu memperlihatkan jamaah berjubel di jalanan dengan latar belakang kubah besar Hagia Sophia. Anehnya, mereka membentuk saf tanpa memperhatikan protokol kesehatan. Saling berimpitan dan tidak mengenakan masker. Ada pula suara perekam yang menyebut kegiatan itu sebagai salat Hajat.

Seperti diketahui, Hagia Sophia kembali menjadi masjid yang ditandai dengan salat Jumat perdana pada 24 Juli 2020. Berbagai media internasional menyiarkan acara tersebut. Salat Jumat dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Warga Turki juga sudah menggunakan kembali bangunan kuno yang pernah menjadi gereja dan museum itu untuk salat Subuh pada Minggu (26/7). Kanal YouTube milik tvOneNews menayangkannya pada hari yang sama. Tampak ribuan jamaah terpisah jarak fisik antara satu jamaah dan lainnya. Mereka juga mengenakan masker. ”Merinding! Sholat Subuh di Masjid Ayasofya Mirip Sholat Jumat, Jamaah Membludak | tvOne,” bunyi judul berita tersebut.

Rekaman situasi salat jamaah Subuh yang diperlihatkan kanal tvOneNews sangat berbeda dengan unggahan laman Facebook Berita Islam. Lantas, dari mana asal video salat jamaah di halaman Hagia Sophia yang diikuti ribuan orang tanpa masker dan berimpitan itu?

Ternyata, video yang sama pernah diunggah kanal YouTube milik Amer Ahmad Al-Mahalhal pada 31 Mei 2014. Artinya, video itu sudah tersebar luas sebelum Hagia Sophia berubah status menjadi masjid. Judul kanal berbahasa Arab tersebut berbunyi Doa Subuh dari Masjid Hagia Sophia oleh Sheikh Abdullah Basfar. Anda bisa melihatnya di bit.ly/VideoMei2014.

Video salat jamaah pada 2014 tersebut juga pernah diulas portal berita nbcnews.com. Disebutkan, saat itu masyarakat Turki melakukan salat Subuh berjamaah untuk menuntut dikembalikannya Hagia Sophia menjadi masjid.

”Para pengunjuk rasa berdoa di depan Museum Hagia Sophia di Istanbul, Turki, Sabtu pagi untuk menunjukkan keinginan mereka agar bangunan itu difungsikan kembali sebagai masjid.” Begitu keterangan yang ditulis nbcnews.com. Anda dapat membacanya di bit.ly/Protes2014.

FAKTA

Video ribuan orang salat berjamaah di pelataran Hagia Sophia itu terjadi pada 2014. Saat itu warga Turki melakukan salat Subuh sambil menuntut dikembalikannya Hagia Sophia menjadi masjid.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c9/fat



Close Ads