alexametrics

Awas Tertipu Video Detik-Detik Pesawat Jatuh

29 Mei 2020, 04:00:53 WIB

KECELAKAAN mengerikan yang dialami Pesawat Pakistan International Airlines (PIA) pada Jumat (22/5) dimanfaatkan produsen hoax untuk membuat informasi palsu. Bentuknya berupa gabungan cuplikan video yang disebar oleh pengelola halaman Facebook Berita Viral .

”Detik detik pesawat komersial jatuh di permukiman dekat Bandara Internasional Jinnah Karachi Pakistan, Jumat (22/5/2020),” begitu penggalan keterangan yang ditulis akun Berita Viral pada 24 Mei lalu.

Awalnya, video berdurasi 2 menit 12 detik itu memperlihatkan kepanikan penumpang dalam kabin pesawat. Pada detik ke-40, video berganti dengan rekaman CCTV yang memperlihatkan pesawat jatuh dan meledak. Pada detik ke-59, muncul rekaman tentang kondisi jalanan Pakistan yang porak-poranda dihantam pesawat terbang. Selanjutnya juga dimunculkan foto pesawat yang mengalami kebakaran turbin di udara.

Tentu agak aneh, ketika sebuah pesawat jatuh dan meledak, tiba-tiba muncul rekaman video penumpang di dalam kabin yang panik sesaat sebelum musibah terjadi. Apalagi dalam rekaman itu terdapat atermark stasiun televisi Indonesia, NET.CJ.

Saat ditelusuri, para penumpang panik yang meneriakkan takbir dan istighfar itu berada di atas pesawat Etihad Airways saat terjadi turbulensi pada Mei 2016. Video serupa pernah diunggah oleh kanal YouTube milik Official NET News pada 5 Mei 2016. Judulnya berbunyi, Detik Detik Insiden Turbulensi Pesawat Etihad Airways – NET12.

Pesawat itu terbang dari Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, menuju Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, pada 4 Mei 2016. Sebagian besar penumpang pesawat itu adalah jamaah umrah. Anda dapat mengakses kanal itu di bit.ly/SaatTurbulensi.

Selanjutnya, cuplikan video pesawat jatuh yang terekam CCTV itu memang memperlihatkan detik detik pesawat Pakistan International Airlines (PIA) jatuh. Rekaman CCTV itu pernah diulas kanal berita televisi milik CBS Evening News pada 22 Mei 2020. Anda bisa melihat nya di detik ke 17 di bit.ly/RekamanCCTV.

Lalu, potongan video ketiga yang memperlihatkan puluhan kendaraan hangus terbakar juga merupakan dampak jatuhnya pesawat PIA. Video lebih lengkap pernah diunggah kanal berita milik Business Today pada 22 Mei 2020. Menurut keterangan kanal tersebut, pesawat melakukan penerbangan dari Lahore menju Karachi. Pesawat itu jatuh di area Taman Jinnah dekat Model Colony di Malir, beberapa menit sebelum pendaratan.

Sedangkan potongan video keempat yang memperlihatkan foto pesawat dengan dua turbin berasap bukanlah rangkaian dari jatuhnya pesawat PIA. Foto itu diambil dari simulasi kecelakaan pesawat yang dijalankan melalui FSX atau Flight Simulator X, AFS2 atau Aerofly FS Flight Simulator dan X Plane 11 Flight Simulator. Anda bisa melihatnya di bit.ly/HasilSimulator.

FAKTA

Video detik-detik kecelakaan Pakistan International Airlines yang diunggah oleh fanpage Facebook Berita Viral merupakan gabungan dari peristiwa berbeda. Dua di antaranya memperlihatkan turbulensi Etihad Airways pada 2016 dan simulasi kecelakaan PIA oleh simulator.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c9/fat



Close Ads