alexametrics

Produsen Hoax Tuduh Ahokers Ingin Jakarta Banjir

28 November 2019, 06:33:20 WIB

JawaPos.com – Beberapa grup aplikasi percakapan WhatsApp dihebohkan video pendek Selasa (26/11). Video tersebut menunjukkan beberapa pekerja yang membawa karung, kemudian membuangnya ke lubang di jalan yang mirip drainase. Katanya, kontraktor drainase itu merupakan Ahokers yang sengaja melakukan tindakan tersebut agar Jakarta banjir.

’’Kontraktor Drainase di DKI ini sengaja memasukkan galian ke dalam saluran drainase utk membuat banjir jakarta tujuannya Sabotase utk menjatuhkan Gubenur Dki Jkt VIRALKAN AGAR DIKETAHUI PUBLIK kontraktornya AHOKERS penghianat bangsa,’’ begitu bunyi pesan yang viral di beberapa grup.

Hoax

Kabar itu langsung mendapat respons dari akun Twitter milik Bina Marga Provinsi DKI Jakarta. Mereka menjelaskan, peristiwa dalam rekaman video itu berlokasi di Jalan Karang Anyer, Jakarta Pusat. Lubang yang terdapat di badan jalan itu bukan sumur resapan ataupun drainase. Melainkan manhole utilitas atau bangunan pelengkap saluran buangan untuk penataan seluruh kabel bawah tanah.

’’Lubang tersebut bukan sumur resapan. Tapi manhole utilitas. Karung pasir itu akan diangkat, setelah itu proses boring subduct. Setelah selesai, karung yang berisi pasir akan dimasukkan manhole kembali,’’ tulis akun tersebut pada 24 November 2019. Anda dapat melihatnya di bawah ini.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c15/fat



Close Ads