alexametrics

Lelucon Bule Ancam Dukung Jokowi 10 Periode

28 Oktober 2020, 05:05:01 WIB

PIHAK-PIHAK yang tidak suka dengan Presiden Joko Widodo berulah lagi. Kali ini, mereka membuat lelucon tentang seorang warga kulit putih yang mengemis di jalan. Dia membawa poster permintaan donasi. Kalau tidak diberi, pria tersebut mengancam akan mendukung Jokowi hingga 10 periode.

Tentu saja foto tersebut sangat janggal. Namun, karena sudah tersebar di dunia maya, foto itu menjadi bahan untuk mendulang komentar yang menyudutkan Presiden Jokowi.

”Barusan dpt foto bagus hasil nyolong. Bule pun tau nih betapa rakyat Indonesia begitu membenci TUKANG NGIBUL…hanya cebong bayaran togog bin pekok yg masih bela ampe mampus,” bunyi narasi yang ditulis akun Facebook Yazz Rangmudo pada 25 Oktober 2020 (bit.do/VoteJokowi).

Jika diperhatikan dengan teliti, tulisan di papan yang dibawa pria kulit putih itu penuh kejanggalan. Yang pertama, apa urusannya dia dengan pilpres di Indonesia yang masih empat tahun lagi? Kemudian, tulisan ”Jokowi 10 periode” di foto tersebut terkesan direkayasa. Hurufnya tidak sama dengan tulisan pada bagian atas.

Memanfaatkan situs padanan gambar, beberapa portal berita pernah mengunggah foto pria tunawisma itu. Salah satunya, portal klankosova.tv yang mengunggah foto tersebut empat tahun lalu. Më jep një dollar ose do ta votoj Trump, begitu judul ulasan yang ditulis dalam bahasa Albania.

Foto itu melengkapi kisah seorang tunawisma yang diuntungkan dalam momen kampanye pilpres di Amerika Serikat. Dia membawa poster bertulisan ”Beri saya satu dolar atau saya pilih Trump”. Saat itu, Trump sedang bersaing dengan Hillary Clinton dalam perebutan jabatan presiden AS. Anda dapat mambacanya di bit.do/BukanJokowi.

Kanal YouTube milik CNN juga mengunggah video tentang poster tersebut. Judulnya berbunyi, Pay me or I vote Trump. Video itu diunggah pada 3 Agustus 2016. Di kolom keterangan disebutkan bahwa setiap orang saat itu bisa menghasilkan uang dengan mengampanyekan anti-Trump. Anda dapat melihatnya di bit.do/SebagaiKampanye.

FAKTA

Papan yang dibawa pria kulit putih itu bertulisan tentang Pilpres AS 2016. Tidak ada kaitannya dengan Presiden Jokowi.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c7/fat



Close Ads