alexametrics

Gus Dur Tidak Dibaptis, tapi Didoakan

28 Januari 2020, 07:55:51 WIB

JawaPos.com – Pembuat kabar palsu yang satu ini, rupanya, pengin kualat. Dia membagikan video dengan narasi seolah-olah Gus Dur telah dibaptis. Jawa Pos menemukan hoax yang sebenarnya diklarifikasi bertahun-tahun lalu itu muncul lagi di Twitter. Hoax tersebut diunggah akun @___Ghostababil_ pada 24 Januari 2020 (bit.ly/GusDurDibaptis).

Kualitas gambar dalam video berdurasi satu menitan itu sangat buruk. Wajah-wajah di dalamnya sulit dikenali, kecuali sosok Gus Dur yang berdiri di sebuah podium.

Faktanya, presiden keempat RI tersebut sedang didoakan para umat Kristiani. Jawa Pos menemukan situs nu.or.id yang mengulas video tersebut pada 7 November 2003. Isinya adalah penjelasan Romo Fajar, seorang pendeta Katolik di Bondowoso. Dia menjelaskan bahwa baptis hakiki itu dilakukan bila ada seseorang yang ingin masuk Katolik.

Mengenai kabar Gus Dur dibaptis, Romo Fajar menyebutkan bahwa yang dilakukan pendeta dan romo dalam video tersebut hanya menyembahyangkan dan mendoakan keselamatan Gus Dur. ’’Kalau dikatakan Gus Dur itu dibaptis, toh kenyataannya Gus Dur tidak pindah agama,’’ jelasnya. Anda dapat membacanya di bit.ly/GusDurDidoakan.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c14/fat



Close Ads