JawaPos Radar

Jawa Pos Clearing House of Information

Tip Bahaya Bersihkan Karang Gigi

27/12/2017, 19:45 WIB | Editor: Miftakhul F.S
Hoax atau Bukan
HOAX: Kabar palsu tentang cara menghilangkan karang gigi. (Facebook)
Share this

JawaPos.com- Hoax bertema kesehatan terus saja berseliweran di jagat maya. Hanya demi mengejar pundi-pundi uang dari iklan online, produsen hoax tega menyesatkan orang dengan informasi palsu, asalkan mengundang klik. Salah satu contohnya informasi cara menghilangkan karang gigi.

Banyak blog yang membuat tulisan soal tip tersebut. Salah satunya blog morninginfo.club yang membuat tulisan dengan judul Mengejutkan hasilnya!! Ternyata Simple Banget Merontokkan Karang Gigi Kalau Tahu Caranya!!

Menurut mereka, menghilangkan karang gigi tak perlu pergi ke dokter. Cukup sediakan bahan-bahan tertentu untuk pembersihan di rumah. Di antaranya, hidrogen peroksida, air, bubuk soda kue, garam, antiseptik pencuci mulut, dental pick, dan sikat gigi.

Situs itu menyarankan satu cawan hidrogen peroksida dicampur setengah cawan air hangat, lalu dibuat berkumur selama satu menit. Setelah itu, berkumur lagi dengan setengah cawan air dingin. Lalu, dilanjutkan dengan menggosok gigi yang sudah direndam baking soda dicampur satu sendok teh garam.

Setelah itu, kita diminta membersihkan gigi dengan dental pick. Blog morninginfo.club itu mengaku tip tersebut didapat dari blog lain, yakni islamediakesehatan.blogspot.co.id.

Loren Pandu Satrio, dokter gigi lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran, Bandung, mengatakan bahwa menghilangkan plak gigi masih bisa dilakukan sendiri. Tapi, kalau karang gigi, seharusnya kita tetap datang ke dokter. ”Apalagi sampai menggunakan hidrogen peroksida. Itu keras, bisa melukai jaringan lunak mulut seperti gusi maupun bibir,” jelasnya.

Karang gigi tidak dapat dibersihkan hanya dengan sikat gigi. Jika kita datang ke dokter, penanganan pembersihan karang gigi menggunakan alat scaler ultrasonic atau dengan hand instrument. Alat itu tidak merusak email gigi.

Jadi, sekali lagi, jangan mudah percaya dengan tutorial atau tip kesehatan di internet ya. Jika memang Anda perlu browsing tip kesehatan, pastikan informasi yang disajikan di situs tersebut memang dikelola dokter atau rumah sakit.

(gun/c17/fat)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up